OSREL stie-mce
Online Search and Retrieval Library
Undergraduate Thesis
PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL, MINAT BELAJAR, DAN PERILAKU BELAJAR TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI DASAR (STUDI PADA STIE MALANGKUCECWARA)
Thesis Detail | |
---|---|
Author | GITHA MAYA PUSPA PURBANINGRUM |
Student's ID (NPK) | A.2021.1.35414 (AKUNTANSI) |
Subject | AKUNTANSI KEPENDIDIKAN |
Keyword | KECERDASAN EMOSIONAL, MINAT BELAJAR, PERILAKU BELAJAR, PEMAHAMAN AKUNTANSI |
Page(s) | 61 |
Submit Date | 14-03-2025 |
Lecture(s) |
Dra.RR. WIDANARNI PUDJIASTUTI, Ak., M.Si., CA., CMA |
Download |
Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2
Abstract
Penelitian ini mengkaji pengaruh kecerdasan emosional, minat belajar, dan perilaku belajar terhadap tingkat pemahaman akuntansi dasar pada mahasiswa akuntansi. Pemahaman akuntansi dasar merupakan fondasi krusial bagi keberhasilan mahasiswa dalam mempelajari akuntansi yang lebih lanjut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei, melibatkan mahasiswa akuntansi sebagai sampel. Data dianalisis menggunakan uji asumsi klasik uji asumsi klasik (uji normalitas, multikolinearitas, dan heteroskedastisitas), regresi linear berganda, dan uji hipotesis menggunakan uji t dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan emosional, motivasi belajar, dan perilaku belajar memberikan pengaruh yang signifikan terhadap pemahaman akuntansi, dengan nilai signifikansi di bawah ambang batas 0,05.10.3.245.247