Date: 27-12-2024 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

ANALISIS KOMPONEN AUDIT PEMASARAN UNTUK MENILAI EFEKTIFITAS DAN EFISIENSI OPERASIONAL BAGIAN PEMASARAN PADA PT. CAKRA GUNA CIPTA MALANG

Thesis Detail
Author DIDIK EFENDI
Student's ID (NPK) A.2001.1.26248 (AKUNTANSI)
Subject AUDIT
Keyword AUDIT, PEMASARAN, EFISIENSI OPERASIONAL
Page(s) 92
Submit Date 06-03-2007
Lecture(s) -
-
-
Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

ANALISIS KOMPONEN AUDIT PEMASARAN UNTUK MENILAI EFEKTIFITAS DAN EFISIENSI OPERASIONAL BAGIAN PEMASARAN PADA PT. CAKRA GUNA CIPTA MALANG Pada saat ini dunia usaha semakin berkembang dan masalah yang ada dalam operasional perusahaan juga semakin kompleks. Salah satu contoh masalah tersebut adalah kurang efektif dan efisiennya operasional bidang pemasaran yang dapat mengakibatkan hasil penjualan kurang maksimal dan biaya yang berlebihan. Jika masalah ini tidak segera diatasi maka akan menghambat likuiditas perusahaan dan pada akhirnya sangat merugikan perusahaan itu sendiri. Untuk mengatasi masalah operasional bidang pemasaran, maka perusahaan melakukan audit bidang pemasaran yang menyangkut semua komponen-komponennya. Hal ini juga dapat disebut sebagai aplikasi dari sebuah pengendalian bidang pemasaran yang ada dalam perusahaan. Audit bidang pemasaran ini dapat dilakukan secara komprehensif, berskala, sistematis dan independen pada semua komponennya yang meliputi lingkungan pemasaran, organisasi pemasaran, sistem pemeriksaan operasional, strategi pemasaran, dan produktifitas pemasaran. Komponen-komponen audit pemasaran tersebut semua saling terkait dan berperan dalam operasional bidang pemasaran. Adapun ruang lingkup dan tujuan pemeriksaan pada setiap komponen tersebut adalah : 1. Pemeriksaan Lingkungan Pemasaran - Meliputi : Organisasi pemasaran, pemasok, agen, konsumen dan pesaing. - Tujuan : Untuk mengkaji setiap kondisi yang ada dalam lingkungan pemasaran dan menilai efektifitas serta efisiensinya. 2. Pemeriksaan Pada Organisasi Pemasaran - Meliputi : Semua organisasi yang ada dalam bagian pemasaran seperti Kabag. Pemasaran, Administrasi Pemasaran, Sales dan Agen. - Tujuan : Untuk menilai efektifitas dan efisiensi dari masing-masing karyawan yang menangani bidang pemasaran. 3. Pemeriksaan pada sistem pemasaran - Meliputi : Sistem informasi pemasaran, sistem pengendalian pemasaran, sistem pengembangan produk dan sistem penjualan. - Tujuan : Untuk menilai efisiensi dan efektifitas dari masing-masing sistem yang diterapkan. 4. Pemeriksaan pada strategi pemasaran - Meliputi : Semua strategi yang dilakukan seperti iklan, pemasangan baleho, pembuatan korek api, menjadi sponsor, dan lain-lain. - Tujuan : Menilai efektifitas dan efisiensi dari pelaksanaan setiap strategi. 5. Pemeriksaan pada produktifitas pemasaran - Meliputi : Profitabilitas dan biaya pemasaran - Tujuan : Menilai efektifitas dan efisiensi dari perbandingan antara kriteria efektifitas, efisiensi yang ditetapkan dengan biaya pemasaran dan profitabilitas yang terbentuk. Hasil dari pemeriksaan tersebut dibandingkan dengan kriteria efektifitas dan efisiensi yang ditetapkan sehingga Auditor Pemasaran dapat menilai hasil pemeriksaannya. Jika terjadi penyimpangan maka auditor harus memberikan rekomendasi dan saran yang dapat digunakan sebagai masukan dan pertimbangan dalam mengatasi setiap kelemahan yang dimiliki oleh perusahaan.

 

3.149.29.209