OSREL stie-mce
Online Search and Retrieval Library
Undergraduate Thesis
ANALISA SWOT SEBAGAI DASAR PERENCANAAN STRATEGI PEMASARAN STUDI PADA PT. INJAPLAST SURABAYA
Thesis Detail | |
---|---|
Author | ANIK SUHERWATI |
Student's ID (NPK) | K.2001.1.26001 (MANAJEMEN) |
Subject | MANAJEMEN PEMASARAN |
Keyword | ANALISA,SWOT,PERENCANAAN,STRATEGI,PEMASARAN |
Page(s) | 84 |
Submit Date | 06-03-2007 |
Lecture(s) |
- - - |
Download |
Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2
Abstract
Pada dasarnya setiap perusahaan didirikan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan yakni mencapai laba optimal. Untuk mencapai tujuan tersebut diperlukan pertimbangan karena perolehan laba optimal di pengaruhi oleh keadaan lingkungan. baik lingkungan internal maupun lingkungan ekternal. Hal ini juga dialami oleh PT. Injaplast Surabaya. Cara sistematis yang di perlukan oleh perusahaan untuk menilai situasi dan kondisi di sekitar perusahaan adalah dengan analisa SWOT. Analisa SWOT memiliki peran penting dalam proses perencanaan strategis mengasumsikan bahwa strategi yang sukses adalah mampu meminimalkan kelemahan dan ancaman. Jenis penelitian yang dipergunakan dalam skripsi ini adalah penelitian studi kasus. Penelitian ini harus dapat memberikan petunjuk, dengan demikian penelitian ini dilakukan bukan dasar keinginan untuk mengetahui apa saja, tetapi lebih daripada itu mempunyai kegunaan praktis yaitu sebagai pedoman atau bahan pertimbangan dalam menentukan strategi pemasaran yang harus diambil oleh perusahaan dengan ditunjang oleh hasil analisa eksternal dan internal perusahaan. Pemecahan masalah yang digunakan dalam studi kasus ini adalah dengan cara menganalisa lingkungan perusahaan yang terdiri dari lingkungan eksternal dan lingkungan internal yang merupakan bagian dari analisa SWOT. Dari kedua analisa tersebut kemudian digabungkan, maka dapat dilihat bahwa analisa internal faktor produk dan pemasaran mengalami permasalahan, hal ini disebabkan oleh kurang variatifnya jenis produk dan kurang gencarnya promosi perusahaan. Analisa eksternal menunjukkan adanya peluang yang dapat dimanfaatkan dan ancaman yang harus dihadapi perusahaan. Dari analisa yang telah dilakukan, PT. Injaplast khususnya manajer diharapkan dapat menentukan strategi pemasaran yang baik melalui analisa SWOT. Dan akhirnya PT. Injaplast dapat meningkatkan peluang dan kekuatan serta dapat mengurangi kelemahan dan ancaman yang ada melalui mutu dan kualitas yang terjamin.3.144.116.34