Date: 27-12-2024 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN MIE INSTAN (STUDI PADA WARGA RT.02 RW.05 KELURAHAN KASIN MALANG)

Thesis Detail
Author SILVIE TANIA
Student's ID (NPK) K.2001.1.26012 (MANAJEMEN)
Subject MANAJEMEN PEMASARAN
Keyword FAKTOR,MEMPENGARUHI,PERILAKU,KONSUMEN,KEPUTUSAN
Page(s) 62
Submit Date 06-03-2007
Lecture(s) -
-
-
Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

Berdasarkan pada masalah pokoknya, penelitian ini betujuan untuk mengetahui apakah faktor-faktor perilaku konsumen yang mana pada penelitian ini dibatasi pada faktor internal yang terdiri dari motivasi, persepsi dan sikap mempunyai hubungan dan pengaruh terhadap keputusan pembelian produk mie instan serta untuk mengetahui faktor yang mempunyai pengaruh dominan terhadap keputusan pembelian produk mie instan. Sesuai dengan permasalahan yang ada pada latar belakang permasalahan, maka penelitian ini merupakan jenis penelitian explanatory. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat RT. 02, RW. 05 Kelurahan Kasin Malang yang terdiri dari 167 orang dan diambil sampel sebanyak 50 orang dengan teknik simple random sampling. Berdasarkan lampiran correlations dapat diketahui bahwa semua item yang diuji menghasilkan nilai yang valid, hasil korelasi berada di atas nilai kritisnya. Berdasarkan lampiran realibility dapat diketahui bahwa semua item yang diuji menghasilkan nilai yang reliabel, karena nilai cronbach alpha mendekati angka satu. Hasil perhitungan korelasi berganda diketahui bahwa antara peubah Motivasi (X1), Persepsi (X2), dan Sikap (X3) dengan Keputusan Pembelian (Y) mempunyai hubungan yang erat, hal ini ditunjukkan dengan koefisien korelasi yang positif sebesar 0,897 dan nilai F-hitung (63,361) yang lebih besar dari F-tabel (2,81) maka dapat disimpulkan bahwa peubah-peubah Motivasi, Persepsi, dan Sikap mempunyai hubungan yang bermakna (erat) terhadap Keputusan Pembelian mie instan. Dengan melihat hasil analisis regresi berganda ternyata didapat nilai T-hitung masing-masing peubah bebas yang lebih besar dari T-tabel yang berarti bahwa peubah Motivasi (X1), Persepsi (X2), dan Sikap (X3) mempunyai pengaruh terhadap Keputusan Pembelian (Y) mie instan. Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa peubah Persepsi (X2) merupakan peubah yang mempunyai pengaruh yang dominan terhadap Keputusan Pembelian (Y) mie instan dibandingkan peubah dari faktor yang lain seperti Motivasi, (X1) dan Sikap (X3). Hal ini dapat dilihat dari besarnya nilai koefisien regresi peubah Persepsi (X1) sebesar 0,501 (50,1%) yang merupakan nilai koefisien regresi terbesar diantara nilai koefisien regresi peubah-peubah yang lain.

 

18.191.195.180