Date: 27-12-2024 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

PENGARUH MACAM PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN MENGINAPPADA HOTEL JAYAKARTA YOGYAKARTA

Thesis Detail
Author OKTA ANDRIYANI
Student's ID (NPK) K.2001.1.26212 (MANAJEMEN)
Subject MANAJEMEN PERBANKAN
Keyword PENGARUH MACAM PROMOSI
Page(s) 75
Submit Date 06-03-2007
Lecture(s) -
-
-
Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

Penelitian ini bertujuan bertujuan untuk mengetahui keeratan hubungan dan pengaruh peubah-peubah promosi (periklanan, hadiah dan publisitas) terhadap keputusan menginap pada Hotel Jayakarta Yogyakarta serta untuk mengetahui peubah promosi (periklanan, hadiah dan publisitas) yang mempunyai pengaruh dominan terhadap keputusan menginap pada Hotel Jayakarta Yogyakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen pengunjung pada Hotel Jayakarta Yogyakarta yang diketahui rata-rata jumlah pengunjung Hotel Jayakarta Yogyakarta setiap harinya adalah sebanyak 185 orang. Maka dari itu sampel ditentukan sebanyak 93 orang (50% dari jumlah populasi). Teknik sampling yang digunakan adalah accidentally sampling (sampel seadanya). Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah korelasi berganda dan regresi berganda. Hasil pengujian hipotesis I dengan alat analisis korelasi berganda diketahui nilai koefisien korelasi sebesar 0,763 menunjukkan bahwa ketiga peubah bebas yaitu Periklanan (X1), Hadiah (X2) dan Publisitas (X3) mempunyai hubungan yang cukup erat terhadap peubah terikat yaitu Keputusan Menginap (Y) pada Hotel Jayakarta Yogyakarta. Dan nilai F hitung (41,330) lebih besar dari F tabel (2,73) sehingga menghasilkan keputusan menolak Ho dan menerima Ha. Hal ini berarti ketiga peubah bebas dalam penelitian ini yaitu Periklanan (X1), Hadiah (X2) dan Publisitas (X3) mempunyai hubungan yang signifikan terhadap peubah terikat berupa Keputusan Menginap (Y). Nilai R2 (koefisien determinasi) sebesar 0,582 maka dapat disimpulkan bahwa besarnya kontribusi semua peubah bebas (periklanan, hadiah dan publisitas) terhadap naik turunnya nilai peubah terikat (keputusan menginap) adalah sebesar 58,2%, dimana sisanya sebesar 41,8% dipengaruhi oleh peubah bebas yang lain yang tidak digunakan dalam penelitian ini. Dan hasil analisis regresi berganda dapat diketahui bahwa nilai t hitung masing-masing peubah bebas lebih besar dari nilai t tabel. Hal ini dapat diartikan bahwa peubah-peubah Periklanan (X1), Hadiah (X2) dan Publisitas (X3) mempunyai hubungan dan pengaruh yang signifikan terhadap peubah terikat Keputusan Menginap (Y) pada Hotel Jayakarta Yogyakarta. Hasil pengujian hipotesis II dengan alat analisis regresi berganda diketahui bahwa peubah Hadiah (X2) merupakan peubah bebas yang mempunyai pengaruh dominan terhadap Keputusan Menginap (Y) pada Hotel Jayakarta Yogyakarta karena mempunyai peubah Hadiah (X2) mempunyai nilai koefisien regresi terbesar (0,282) dibandingkan nilai koefisien regresi peubah bebas yang lain.

 

3.148.115.187