Date: 27-12-2024 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

ANALISIS FAKTOR BAURAN PROMOSI DALAM MENUNJANG KEPUTUSAN NASABAH UNTUK MENABUNG PADA PT. BANK RAKYAT INDONESIA CABANG KAWI MALANG

Thesis Detail
Author DAVID WIJAYANTO
Student's ID (NPK) K.2001.1.26191 (MANAJEMEN)
Subject MANAJEMEN PEMASARAN
Keyword PROMOSI, KEPUTUSAN MENABUNG
Page(s) 67
Submit Date 06-03-2007
Lecture(s) -
-
-
Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

ANALISIS FAKTOR BAURAN PROMOSI DALAM MENUNJANG KEPUTUSAN NASABAH UNTUK MENABUNG PADA PT. BANK RAKYAT INDONESIA CABANG KAWI MALANG Tabungan merupakan sumber utama yang diharapkan oleh bank untuk aktivitasnya, karena biaya yang dikeluarkan untuk jasa tabungan paling murah daripada dana-dana yang lain. Dengan banyaknya jenis produk dan tabungan yang bermunculan, maka mengakibatkan setiap industri perbankan berusaha untuk mendapat pangsa pasar dari para pesaingnyadalam pasar yang sama.sehubungan dengan itu, manajer pemasaran mempunyai tugas memilih dalam melaksanakan kegiatan pemasaran yang dapat membantu tercapainya tujuan perusahaan serta menanggapi perubahan-perubahan lingkungan pemasaran modern yang tidak hanya untuk memasarkan produknya saja tapi juga dapat berkomunikasi dengan konsumen yang disebut promosi. Dengan melakukan promosi secara terus-menerus baik secara langsung ataupun tidak langsung sehingga produk dapat dikenal oleh masyarakat luas. Rumusan permasalahan penelitian adalah faktor bauran promosi mana yang berpengaruh secara dominan yang mempengaruhi keputusan nasabah untuk menabung pada PT. BANK RAKYAT INDONESIA CABANG KAWI MALANG.. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan bukti empiris untuk mengetahui hubungan dan pengaruh faktor bauran promosi dalam menunjang keputusan nasabah untuk menabung di PT. BRI Cabang Kawi Malang dan Untuk mengetahui hubungan dan pengaruh faktor bauran promosi dalam menunjang keputusan nasabah untuk menabung pada PT. BANK RAKYAT INDONESIA CABANG KAWI MALANG. Dalam penelitian ini digunakan jenis penelitian hipotesis. Untuk kepentingan ini, penulis nengadakan penelitian pada nasabah PT. BRI Cabang Kawi Malang. Berdasarkan data yang diperoleh bulan Januari hingga April 2005 terdapat 1.197 nasabah yang menabung di PT. BRI Cabang Kawi Malang. Pengambilan sampel dilakukan secara acak ataau random dimana setiap nasabah mempunyai peluang yang sama untuk dipilih menjadi anggota sampel. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 5 % x 1.197 = 60 responden. Peubah bauran promosi yang diduga mempengaruhi keputusan nasabah untuk menabung di PT. BRI Cabang Kawi Malang adalah periklanan (X1), personal selling (X2), publisitas (X3) dan promosi penjualan (X4). Mengingat peubah-peubahnya bersifat kualitatif maka untuk mengukur peubah digunakan Skala Linkert. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan kuisioner. Tujuan utama penyebaran angket ini adalah untuk memperoleh informasi validitas dan realibilitas serta memperoleh informasi yang relevan tentang tujuan survei. Adapun metode analisis yang digunakan dalam perhitungan adalah koefisien korelasi berganda, koefisien korelasi berganda, koefisien korelasi parsial dan koefisien regresi berganda. Berdasarkan analisis yang dilakukan dapat dikatakan bahwa pada uji korelasi berganda (r) dengan diterimanya Ha dan ditolaknya Ho berarti hipotesis empirisnya yang diduga bahwa adanya hubungan secara bersama-sama dari peubah bebas terhadap peubah terikat diterima. Dilihat dari koefisien korelasi berganda sebesar 0,932 yang berarti bahwa peubah bebas periklanan (X1), personal selling (X2), publisitas (X3) dan promosi penjualan (X4) secara bersama-sama mempunyai hubungan yang signifikan/bermakna pada tingkat uji α = 5% terhadap peubah terikat keputusan nasabah untuk menabung (Y). Sedangkan untuk uji korelasi parsial dan regresi berganda dengan ditolaknya Ho dapat disimpulkan bahwa antara peubah promosi, ternyata hipotesis empiris yang menyatakan bahwa salah satu faktor yaitu: periklanan (X1), personal selling (X2), publisitas (X3) dan promosi penjualan (X4), akan mempunyai peluang yang sama untuk menjadi faktor yang mempunyai hubungan dan pengaruh dominan terhadap keputusan untuk menabung (Y), dapat diterima karena terbukti dengan adanya salah satu faktor yaitu publisitas (X3) yang mempunyai hubungan paling dominan atau dengan kata lain publisitas (X3) mempunyai pengaruh paling bermakna terhadap keputusan nasaba

 

3.145.108.87