Date: 27-12-2024 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

PENGARUH FAKTOR MARKETING MIX TERHADAP PERILAKU KONSUMEN DALAM KEPUTUSAN PEMBELIANPONSEL MEREK NOKIA (STUDI PADA MAHASISWA STIE MALANGKUÇEÇWARA MALANG) (TAHUN AKADEMIK 2001/2002-2004/2005)

Thesis Detail
Author SITTI SALEHA
Student's ID (NPK) K.2001.1.26358 (MANAJEMEN)
Subject Manajemen Pemasaran
Keyword MARKETING, KONSUMEN, PEMBELIAN
Page(s) 150
Submit Date 06-03-2007
Lecture(s) -
-
-
Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

PENGARUH FAKTOR MARKETING MIX TERHADAP PERILAKU KONSUMEN DALAM KEPUTUSAN PEMBELIAN PONSEL MEREK NOKIA (STUDI PADA MAHASISWA STIE MALANGKUÇEÇWARA MALANG) 2001/2002-2004/2005 Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan dan pengaruh Marketing Mix (Produk, Harga, Promosi, dan Tempat) terhadap keputusan pembelian ponsel merek Nokia pada mahasiswa STIE Malangkuçeçwara Malang serta untuk mengetahui manakah peubah dari marketing mix yang mempunyai pengaruh dominan terhadap keputusan pembelian ponsel merek Nokia. Populasi yang dimaksud dalam penelitian ini adalah mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Malangkuçeçwara Malang yang menggunakan telepon seluler (ponsel) merek Nokia. Dari data yang diperoleh diketahui bahwa jumlah mahasiswa STIE Malangkuçeçwara Malang untuk tahun akademik 2001/2002-2004/2005 tercatat sekitar 3.268 mahasiswa. Jumlah sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah sebanyak 50 responden, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Untuk menguji hipotesis yang telah dirumuskan, digunakan alat analisis korelasi berganda dan regresi berganda. Berdasarkan analisis korelasi berganda dapat dijelaskan bahwa F hitung lebih besar dari F tabel sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Besarnya koefisien korelasi sebesar 0,727 menunjukkan bahwa hubungan peubah bebas produk, harga, promosi, dan tempat dengan peubah terikat keputusan pembelian bersifat positif. Besarnya R square sebesar 0,528 yang menandakan bahwa peubah produk, harga, promosi, dan tempat memberikan kontribusi terhadap keputusan pembelian ponsel merek Nokia pada mahasiswa STIE Malangkuçeçwara Malang sebesar 52,8% sedangkan sisanya 47,2% dipengaruhi oleh hal-hal lain diluar peubah yang diteliti. Dari hasil analisis regresi berganda diketahui bahwa tidak semua peubah bebas memiliki nilai t hitung yang lebih besar dari nilai t tabel, dari keempat peubah bebas berupa peubah Produk, Harga, Promosi, dan Tempat, diketahui bahwa peubah harga mempunyai nilai t hitung yang lebih kecil dari nilai t tabel, sehingga dapat disimpulkan bahwa dari keempat peubah bebas yang ada maka hanya 3 peubah bebas yang secara parsial mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian ponsel merek Nokia pada mahasiswa STIE Malangkuçeçwara Malang. Dari hasil pengujian hipotesis I dengan alat analisis korelasi berganda dapat disimpulkan bahwa semua peubah bebas berupa peubah Produk, Harga, Promosi, dan Tempat, secara serentak mempunyai hubungan dan pengaruh yang signifikan atau bermakna terhadap peubah terikat berupa keputusan pembelian. Sedangkan dari hasil pengujian hipotesis II dengan menggunakan alat analisis regresi berganda, dapat disimpulkan bahwa tidak semua peubah bebas secara parsial mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap peubah terikat . Hal ini berdasarkan hasil penelitian bahwa dari nilai t hitung yang dimiliki oleh masing-masing peubah bebas (produk, harga, promosi, dan tempat) diketahui bahwa peubah harga memiliki nilai t hitung yang lebih kecil dari nilai t tabel, sedangkan untuk peubah bebas lainnya memiliki nilai t hitung yang lebih besar daripada nilai t tabel, sehingga dapat disimpulkan bahwa dari keempat peubah bebas yang ada maka hanya 3 peubah bebas saja yang secara parsial mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian ponsel merek Nokia pada mahasiswa STIE Malangkuçeçwara Malang. Berdasarkan penelitian diatas maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis kedua yang menyatakan semua peubah bebas berupa Produk (X1), Harga (X2), Promosi (X3), dan Tempat (X4) secara parsial mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian (Y) ponsel merek Nokia ini tidak terbukti atau tidak diterima.

 

18.217.14.208