Date: 27-12-2024 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

PENERAPAN BALANCED SCORECARD SEBAGAI STRATEGI MANAJEMEN DALAM KESEIMBANGAN PENGUKURAN KINERJA PADA PT. GATRAMAPAN DI KARANGLO MALANG

Thesis Detail
Author J U L I A N A
Student's ID (NPK) A.2001.1.25691 (AKUNTANSI)
Subject MANAJEMEN STRATEGI
Keyword PENERAPAN,BALANCED SCORECARD,STRATEGI,MANAJEMEN,KESEIMBANGAN,KINERJA
Page(s) 96
Submit Date 06-03-2007
Lecture(s) -
-
-
Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

Dalam kondisi persaingan yang semakin meningkat ke arah globalisasi menyebabkan badan usaha membutuhkan informasi yang relevan sehingga proses pengambilan keputusan dapat dilakukan secara tepat. Akuntansi sebagai sistem informasi dituntut untuk mampu menyediakan informasi yang relevan. Akuntansi tradisional akan dapat memberikan informasi yang menyesatkan ditinjau dari pengukuran kinerjanya karena hanya memfokuskan pada kinerja keuangan saja. Sistem pengukuran kinerja merupakan bagian dari perencanaan dan pengendalian yang penting bagi kesuksesan badan usaha, karena badan usaha pada saat ini semakin kompleks maka informasi yang disediakan oleh akuntansi tradisional menjadi kurang akurat dan objektif dalam menilai kinerja dan tidak mendukung continues improvement yang sangat dibutuhkan oleh badan usaha. Untuk mengatasi hal tersebut, maka digunakan balanced scorecard yang mengukur kinerja perusahaan dari sudut pandang keuangan dan non keuangan. Balanced Scorecard mengukur kinerja dari empat sudut pandang, yaitu: financial perspective, customer perspective, internal business process perspective, learning and growth perspective. Balanced Scorecard memberikan kerangka pemikiran untuk menjabarkan strategi ke dalam segi operasionalnya. Dengan Balanced Scorecard tujuan suatu unit usaha tidak hanya dinyatakan dalam suatu ukuran financial, melainkan dijabarkan lebih lanjut ke dalam pengukuran bagaimana unit usaha tersebut harus meningkatkan kemampuan internal serta investasi pada manusia, sistem, prosedur yang dibutuhkan untuk memperoleh kinerja yang lebih baik di masa mendatang. PT. Gatra Mapan adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang furniture yang memfokuskan operasinya pada pembuatan rak TV dan audio. Kondisi lingkungan bisnis saat ini telah banyak memunculkan pesaing-pesaing baru bagi PT. Gatra Mapan, dan tentunya dalam persaingan yang akan datang, kondisi ini akan berkembang semakin pesat, hal ini menjadikan tantangan tersendiri bagi PT. Gatra Mapan untuk selalu memperbaiki dan mengevaluasi kinerjanya sehingga tetap mampu bertahan dalam perubahan lingkungan bisnis yang semakin turbulen, khususnya persaingan dalam bidang usaha sejenis. PT. Gatra Mapan bertujuan meningkatkan kemampuan bersaing dengan memasarkan produknya dengan mempertimbangkan kualitas, harga dan daya tahan serta meningkatkan kepuasan pemilik modal dan pelanggan dengan senantiasa melakukan perbaikan dan menciptakan nilai secara berkesinambungan serta meningkatkan hal-hal yang dapat diunggulkan perusahaan. Untuk mencapai tujuan tersebut PT. Gatra Mapan melakukan program peningkatan kualitas dan produktivitas serta kecakapan para pegawai, sehingga dengan perbaikan yang terus menerus, memungkinkan dapat mengalahkan pesaing-pesaingnya. Dari perspektif pelanggan akan menjadi masukan bagi pihak manajemen untuk meningkatkan kinerja dan pelayanan kepada konsumen, sehingga dengan kepuasan konsumen akan memberikan nilai tambah bagi perusahaan. Peningkatan dalam perspektif proses bisnis internal dengan sendirinya akan meningkatkan pelayanan dan kepuasan konsumen, sedangkan dalam perspektif proses belajar dan pertumbuhan akan mempengaruhi ketiga perspektif lainnya. Program training akan dapat meningkatkan kemampuan karyawan sehingga akhirnya akan memberikan nilai tambah bagi perusahaan maupun pelanggan. Dari keempat perspektif tersebut, tujuan akhir yang dicapai adalah terjadinya peningkatan kinerja keuangan perusahaan.

 

3.135.249.76