OSREL stie-mce
Online Search and Retrieval Library
Undergraduate Thesis
ANALISIS SWOT SEBAGAI ALAT BANTU DALAM MENENTUKAN STRATEGI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAANINDAH CEMERLANG SINGOSARIMALANG
Thesis Detail | |
---|---|
Author | HARI PRASETYO UTOMO |
Student's ID (NPK) | A.991.23800 (AKUNTANSI) |
Subject | MANAJEMEN STRATEGI |
Keyword | ANALISIS SWOT SEBAGAI ALAT BANTU MENENTUKAN STRATEGI PERUSAHAAN |
Page(s) | 113 |
Submit Date | 06-03-2007 |
Lecture(s) |
- - - |
Download |
Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2
Abstract
(p)Perusahaan yang tidak mampu bersaing akan kalah dan kemungkinan terburuk akan mengalami kondisi bangkrut. Menghadapi kondisi tersebut, maka diperlukan adanya perencanaan strategi yang baik bagi perusahaan dan sesuai dengan kondisi perusahaan. Strategi yang baik akan diperoleh dari perencanaan strategi yang sesuai dengan kondisi perusahaan, dengan memperhitungkan misi dan tujuan dan kondisi lingkungan perusahaan. Adapun alat yang dapat digunakan untuk membantu mengidentifikasi lingkungan dan merencanakan strategi yang sesuai dengan kondisi perusahaan adalah analisis SWOT.(/p) (p)Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi kondisi lingkungan internal dan eksternal perusahaan dalam rangka penyusunan strategi perusahaan dan untuk menetapkan kebijakan perusahaan yang sesuai dengan kondisi perusahaan atas pertimbangan analisis SWOT berdasarkan kondisi perusahaan saat ini.(/p) (p)Jenis penelitian yang digunakan adalah jstudi kasus yaitu suatu penelitian yang dilakukan secara intensif, terinci dan mendalam terhadap suatu organisme, lembaga atau gejala tertentu. Alasan yang mendasar mengenai pemilihan jenis penelitian studi kasus ini adalah kondisi yang terjadi pada setiap perusahaan berbeda-beda satu sama lain. Peubah dalam penelitian ini adalah (1) Lingkungan Internal meliputi produksi dan operasi, sumber daya manusia, pemasaran dan distribusi, organisasi, keuangan dan akuntansi. (2) Lingkungan Eksternal meliputi ekonomi, politik dan hukum, teknologi, sosial budaya.(/p) (p)Dari analisis SWOT didapatkan bahwa kekuatan perusahaan didapat dari faktor pemasaran yang meliputi kejelasan segmen pasar yang dituju yaitu kontraktor perumahan sederhana dan masyarakat kabupaten, digunakannya promosi untuk meningkatkan penjualannya terutama penggunaan yellow page, faktor produksi dan operasi yang meliputi produk yang cukup beragam sehingga memberi pilihan kepada konsumen, dan kualitas produk yang cukup, tidak mudah pecah dan tekstur halus. Kelemahan perusahaan adalah dari faktor produksi dan operasional, yaitu peningkatan biaya operasional, tidak adanya inovasi produk, faktor SDM yaitu tidak adanya pelatihan karyawan, dan faktor pemasaran, yaitu permintaan pasar akan tegel teraso yang semakin menurun, dan persaingan antara perusahaan sejenis yang semakin ketat. Peluang perusahaan didapat dari pertumbuhan ekonomi Indonesia yang semakin baik, laju inflasi yang relatife menurun, kemudahan mendapatkan tenaga kerja dengan kualitas yang lebih baik, dan penggunaan teknologi yang mengefektifkan kegiatan usaha perusahaan. Sedangkan Ancaman perusahaan terutama dari politik dan hokum yaitu adanya undang-undang ketenagakerjaan mengenai perlindungan tenaga kerja, kebijaksanaan pemerintah meningkatkan harga BBM, tarif listrik, dan telepon, dan biaya yang mahal untuk menggunakan dan mengikuti perkembangan teknologi.(/p) (p)Dari analisis matrix swot diketahui bahwa posisi perusahaan berada dikuadran III yaitu perusahaan mempunyai kekuatan dan ancaman yang tinggi dari lingkungan industrinyam sehingga strategi yang sesuai untuk perusahaan antara lain adalah : Concentration (Market Penetration), Market Development, Product Development, dan Inovation. Strategi yang sesuai dengan kondisi perusahaan adalah product development, yaitu pengembangan produk dilakukan dengan cara menciptakan produk baru yang terkait dengan yang dipasarkan ke pelanggan, dengan tujuan untuk memberikan dan meningkatkan kepuasan pelanggan. Alasan utama pemilihan starategi tersebut adalah semakin menurunnya permintaan pasar akan tegel teraso dan kondisi keuangan perusahaan yang baik, sehingga memungkinkan perusahaan untuk melakukan product development.(/p)10.1.116.84