Date: 12-05-2025 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

ANALISIS DIMENSI KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM MEMINJAM KREDIT DI BANK PERKREDITAN RAKYAT GUNUNG RINGGIT MALANG

Thesis Detail
Author DESSY AMALIA
Student's ID (NPK) K.2001.1.26591 (MANAJEMEN)
Subject MANAJEMEN PEMASARAN
Keyword ANALISIS,DIMENSI,KUALITAS,PELAYANAN,KEPUTUSAN,KONSUMEN
Page(s) 67
Submit Date 06-03-2007
Lecture(s) -
-
-
Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

Selain bersaing dengan Bank Umum dan Bank Perkreditan Rakyat lain yang ada tentunya Bank Perkreditan Rayat Gunung Ringgit Malang harus berusaha untuk menarik nasabah sebanyak – banyaknya, karena banyak bank – bank yang memberikan tawaran dalam bentuk peminjaman (kredit), sehingga konsumen semakin kritis dalam melakukan suatu keputusan peminjaman (kredit). Dalam melakukan keputusan tersebut tidak hanya mempertimbangkan satu faktor saja, melainkan berbagai faktor (misalnya biaya bunga, macam produk jasa yang ditawarkan, dan sebagainya). Karena itu pihak Bank Perkreditan Rakyat Gunung Ringgit Malang harus memahami apa yang diinginkan oleh konsumen untuk melakukan suatu keputusan Meminjam kredit. Hasil penelitian pada hipotesis I bahwa diduga terdapat ada hubungan dan pengaruh bermakna antara Bukti Fisik (X1), Keandalan (X2), Ketanggapan (X3), Jaminan atau Kepastian (X4), dan Perhatian (X5) secara bersama terhadap Keputusan meminjam (kredit) (Y), telah terbukti. Melalui program SPSS dapat di ketahui besarnya koefisen determinasi ganda (R2) sebesar 60,2%, maka dapat disimpulkan bahwa besarnya sumbangan semua peubah bebas terhadap naik turunnya nilai peubah terikat adalah sebesar 0,602 atau 60,2%, dimana sisanya sebesar 39,8% di pengaruhi oleh peubah bebas lain yang tidak diteliti misalnya pengaruh faktor intern dan ekstern, bauran pemasaran jasa, dan lain sebagainya. Berdasarkan hasil penelitian pada hipotesis II bahwa diduga keyakinan (X4) mempunyai hubungan yang bermakna dan berpengaruh dominan terhadap keputusan meminjam kredit (Y) diantara peubah – peubah lainnya. Dari uraian hasil analisis secara regresi dan parsial tersebut pendugaan tersebut tidak terbukti kebenarannya, namun peubah kehandalan (X2) yang mempunyai pengaruh dominan dengan koefisien regresi sebesar 0,367 dan t hitung lebih besar dari t tabel sebesar 5,217. Faktor yang mempengaruhi keputusan meminjam kredit yang berpengaruh dominan adalah faktor kehandalan (X3) karena pada dasarnya responden memilih terhadap ketepatan pelayanan, kecekatan dan terampil menangani nasabah, dan laporan saldo bank sangat berpengaruh dalam keputusan untuk meminjam kredit di bank BPR Gunung Ringgit Malang.

 

18.217.93.250