Date: 12-05-2025 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN MENABUNG DI BRI KCU BLITAR

Thesis Detail
Author DARU SAYUGO HARI WINARNO
Student's ID (NPK) K.2001.1.26446 (MANAJEMEN)
Subject MANAJEMEN PEMASARAN
Keyword PENGARUH,BAURAN,PEMASARAN,KEPUTUSAN,MENABUNG
Page(s) 95
Submit Date 06-03-2007
Lecture(s) -
-
-
Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

Usaha pemasaran yang menggunakan bauran pemasaran produk pada barang pada umumnya mencakup 4P yakni produk, harga, distribusi, dan promosi. Untuk sektor jasa 4P masih dirasa kurang mencukupi, maka perlu menambahkan tiga unsur lagi : people, proses, dan customer service. Bank Rakyat Indonesia salah satu bank terbesar di kota Blitar, dari tahun ke tahun terlihat mulai berkembang pesat, tentunya akan bersaing ketat dalam merebut konsumen dengan Bank lainnya di kota Blitar. Perkembangan dunia perbankan dewasa ini mengalami kemajuan dengan ditandai banyak bank yang berlomba–lomba menawarkan produk jasanya kepada masyarakat agar mau menanamkan modalnya atau menyimpan uangnya pada bank yang dipilihnya. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis I yang menduga Produk (X1), Promosi (X2), Harga (X3), distribusi (X4), Proses (X5), Pelayanan (X6) dan Orang (X7) secara bersama–sama mempunyai pengaruh yang bermakna terhadap keputusan memilih produk tabungan (Y) terbukti kebenarannya. Berdasarkan koefisen determinasi ganda (R2) sebesar 53,3 %, maka dapat disimpulkan bahwa besarnya sumbangan semua peubah bebas terhadap naik turunnya nilai peubah terikat adalah sebesar 0,533 atau 53,3%, dimana sisanya sebesar 46,7 % di pengaruhi oleh peubah bebas lain yang tidak diteliti. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis II dengan pendugaan bahwa faktor Pelayanan (X6) mempunyai pengaruh yang paling dominan terhadap Keputusan memilih produk tabungan (Y) terbukti kebenarannya dengan mengetahui regresi berganda sebesar 0,266 satuan dan t hitung = 4,789 adalah lebih besar dari t Tabel = 1,658. Sedangkan pada peubah distribusi (X4) mempunyai pengaruh yang kurang bermakna terhadap peubah keputusan untuk menabung (Y) dengan mengetahui besarnya koefisien regresi sebesar 0,132 satuan dan t hitung = 1,777 adalah lebih besar dari t Tabel = 1,658, namun dengan a > 0,05 atau 5% yaitu sebesar 0,079, maka dapat disimpulkanpeubah distribusi tidak bermakna signifikan terhadap keputusan untuk menabung.

 

18.226.88.145