OSREL stie-mce
Online Search and Retrieval Library
Undergraduate Thesis
PENGARUH KUALITAS SISTEM PENGENDALIAN INTERN DAN LAYANAN KARYAWAN TERHADAP KEPUASAN ANGGOTA PADA KOPERASI PEGAWAI REPUBLIK INDONESIA (KPRI) UNIVERSITAS BRAWIJAYA MALANG
Thesis Detail | |
---|---|
Author | MARGARETH PARAMITA H C |
Student's ID (NPK) | A.2002.1.27216 (AKUNTANSI) |
Subject | SISTEM INFORMASI AKUNTANSI |
Keyword | SISTEM PENGENDALIAN INTERN, DAN KEPUASAN ANGGOTA KOPERASI |
Page(s) | 127 |
Submit Date | 06-03-2007 |
Lecture(s) |
- - - |
Download |
Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2
Abstract
ABSTRAKSI Sistem pengendalian intern dan layanan karyawan dalam Koperasi Pegawai Republik Indonesia adalah dua dari beberapa faktor yang mempengaruhi tingkat kepuasan anggota. Seberapa besar pengaruh kualitas sistem pengendalian intern dan layanan karyawan terhadap kepuasan anggota dapat diketahui melalui persepsi anggota. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh baik secara simultan maupun secara partial antara kualitas sistem pengendalian intern dan layanan karyawan terhadap kepuasan anggota pada Koperasi Pegawai Republik Indonesia Universitas Brawijaya Malang. Penelitian ini bersifat korelasional. Data diperoleh melalui angket sejumlah sampel penelitian yaitu 97 responden. Analisis data menggunakan analisis prosentase dan analisis regresi berganda yang menggunakan bantuan komputer dengan program SPSS (Statistical Package for Social Sciences). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas sistem pengendalian intern dan layanan karyawan pada Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) Universitas Brawijaya masuk dalam kategori baik, sementara kepuasan anggota masuk dalam kategori puas. Dari hasil pengujian instrumen diperoleh koefisien multiple R yang menggambarkan hubungan positif antara kualitas sistem pengendalian intern dan layanan karyawan dengan kepuasan anggota dipengaruhi oleh variabel kualitas sistem pengendalian intern dan layanan karyawan sebesar 35,5 % sedangkan sisanya 64,5 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak masuk dalam penelitian ini. Pengaruh secara simultan antara kualitas sistem pengendalian intern dan layanan karyawan dengan kepuasan anggota koperasi terbukti berpengaruh nyata melalui uji F diperoleh 25,892 (Fhitung) > 2,78 (Ftabel). Multiple regression ditunjukkan oleh persamaan Y = 1,775 + 0,566 X1 + 1,484 X2 . Pengaruh secara parsial ditunjukkan melalui uji T yang dinyatakan terdapat pengaruh positif dan siginifikan kualitas sistem pengendalian intern terhadap kepuasan anggota diperoleh sebesar 2,837 (Thitung) > 1,9855 (Ttabel). Sementara itu terdapat pula pengaruh positif dan signifikan layanan karyawan terhadap kepuasan anggota sebesar 6,314 (Thitung) > 1,9855 (Ttabel).10.1.116.84