Date: 04-07-2025 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

ANALISIS BEBERAPA FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGAMBILAN KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM MEMILIH HYPERMART MALANG

Thesis Detail
Author DWI WAHYU WIDAYANTI
Student's ID (NPK) K.2000.1.25255 (MANAJEMEN)
Subject MANAJEMEN PEMASARAN
Keyword ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN
Page(s) 81
Submit Date 06-03-2007
Lecture(s) -
-
-
Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

ABSTRAKSI Penelitian dilakukan di Hypermart Malang dengan alasan letak Hypermart yang strategis dan banyaknya minat masyarakat yang tertarik membeli di Hypermart Malang sebagai alternatif pilihan berbelanja berbagai macam produk dengan harga relatif lebih murah dan kualitas yang cukup terjamin. Dengan memahami beberapa faktor di atas maka dapat dipahami berbagai perilaku konsumen yang dapat mempengaruhi perilaku pembelian. Faktor-faktor tersebut berguna dalam mengidentifikasikan dan memahami konsumen tertentu yang pada pemasar berupaya mempengaruhinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor intern yang terdiri dari motivasi, persepsi, belajar, kepribadian dan sikap mempunyai pengaruh terhadap keputusan pembelian di Hypermart Malang, untuk mengetahui faktor intern manakah diantara motivasi, persepsi, belajar, kepribadian, dan sikap yang mempunyai pengaruh dominan terhadap keputusan pembelian di Hypermart Malang. Berdasarkan Hasil pengujian hipotesis pertama yang menyatakan bahwa peubah bebas yang terdiri atas peubah motivasi (X1), persepsi (X2), belajar (X3), kepribadian (X4), dan sikap (X5) secara bersama-sama mempunyai pengaruh signifikan terhadap pengambilan keputusan untuk membeli di Hypermart Malang (Y), karena nilai F hitung 41,313 lebih besar dari F tabel 2,37 pada tingkat signifikan 5%. Berdasarkan nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0,835 dan determinasi berganda (R2 ) sebesar 0,697 berarti 6,97%, pengambilan keputusan untuk membeli di Hypermart Malang disebabkan oleh perubahan motivasi (X1), persepsi (X2), belajar (X3), kepribadian (X4), dan sikap (X5) secara bersamasama dan sisanya yang 30,0% atau 0,303 disebabkan oleh peubah lain yang tidak termasuk model dalam penelitian ini. Diperoleh t hitung pada peubah motivasi (X1) sebesar 4,726, persepsi (X2) sebesar 10,992, belajar (X3) sebesar 4,364, kepribadian (X4) sebesar 3,122, dan sikap (X5) sebesar 2,838 lebih besar dari t tabel sebesar 1,6620 maka keputusan terhadap Ho ditolak dan Ha diterima artinya hipotesis yang menyatakan bahwa peubah bebas secara individu mempunyai pengaruh signifikan terhadap variabel terikat dapat diterima. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis kedua yang menyatakan bahwa peubah persepsi (X2) mempunyai pengaruh dominan terhadap pengambilan keputusan pembelian di Hypermart Malang (Y). Hal ini dapat dilihat dari besarnya nilai koefisien regresi peubah persepsi (X2) yang mempunyai nilai koefisien regresi paling tinggi yaitu sebesar 0,401 jika dibandingkan dengan peubah motivasi (X1) dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,186, belajar (X3) dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,167, kepribadian (X4) dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,125 dan sikap (X5) dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,118. karena peubah persepsi (X2) mempunyai koefisien lebih tinggi dibanding peubah motivasi (X1), belajar (X3), kepribadian (X4), dan sikap (X5) maka keputusan terhadap Ho ditolak dan Ha diterima, artinya peubah persepsi (X2) mempunyai pengaruh dominan terhadap pengambilan keputusan pembelian di Hypermart Malang (Y) dapat diterima.

 

10.1.116.84