OSREL stie-mce
Online Search and Retrieval Library
Undergraduate Thesis
PENGARUH BAURAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA SWALAYAN GOLDEN TULUNGAGUNG
Thesis Detail | |
---|---|
Author | RENITA MEDIA ANGGA KUSUMA |
Student's ID (NPK) | K.2001.1.25762 (MANAJEMEN) |
Subject | MANAJEMEN PEMASARAN |
Keyword | BAURAN PROMOSI,KEPUTUSAN PEMBELIAN |
Page(s) | 104 |
Submit Date | 06-03-2007 |
Lecture(s) |
- - - |
Download |
Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2
Abstract
Judul penelitian ini adalah pengaruh bauran promosi terhadap keputusan pembelian konsumen, obyek yang diteliti adalah konsumen atau pengunjung yang berbelanja di Swalayan Golden Tulungagung. Pada Swalayan Golden Tulungagung kegiatan promosi dengan menggunakan bauran promosi yang terdiri dari advertising, sales promotion, personal selling, publisitas yang mempunyai peranan penting dalam usaha memasarkan produknya. dengan bauran pemasaran yang dipakai Swalayan Golden Tulungagung, saat ini manajemen mengharapkan dapat mempengaruhi dan menarik minat konsumen untuk membeli barang-barang dan memenuhi kebutuhan Tujuan penelitian untuk mengetahui sejauh mana hubungan dan pengaruh peubah periklanan, promosi penjualan, personal selling, publisitas terhadap keputusan pembelian produk-produk di Swalayan Golden Tulungagung dan untuk mengetahui variabel bauran promosi manakah yang paling dominan berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk-produk di Swalayan Golden Tulungagung. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji asumsi klasik ekonometri, regresi berganda, Uji F dan Uji T. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis pertama menunjukkan nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0,821 dan determinasi berganda (R2) sebesar 0,674 dengan F hitung sebesar 49,048 dengan F tabel sebesar 2,53 pada tingkat signifikan 5%. Karena F hitung lebih besar dari F tabel berarti terdapat pengaruh yang signifikan secara bersama-sama peubah periklanan (X1), promosi penjualan (X2), personal selling (X3), publisitas (X4) terhadap keputusan pembelian di Swalayan Golden Tulungagung (Y). Berdasarkan hasil R2 (R Square) = 0,674 dapat dikatakan bahwa 67,4% perubahan pengambilan keputusan pembelian di Swalayan Golden Tulungagung (Y) disebabkan oleh perubahan peubah periklanan (X1), promosi penjualan (X2), personal selling (X3), publisitas (X4) secara bersama-sama dan sisanya yang 32,6% atau 0,326 disebabkan oleh peubah lain yang tidak termasuk model dalam penelitian ini. Sedangkan untuk menguji pengaruh peubah bebas secara individu (parsial) terhadap peubah terikat yaitu dengan membandingkan t hitung dengan t tabel, karena t hitung peubah periklanan (X1) sebesar 5,688, publisitas (X4) sebesar 4,174 lebih besar dari t tabel sebesar 1,6611 maka peubah bebas secara individu mempunyai pengaruh signifikan terhadap peubah terikat. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis kedua bahwa peubah Promosi Penjualan (X2) mempunyai nilai koefisien regresi paling tinggi yaitu sebesar 0,279 jika dibandingkan dengan peubah periklanan (X1) dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,151, personal selling (X3) dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,206 dan publisitas (X4) dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,170 karena peubah periklanan (X1), personal selling (X3) dan publisitas (X4) maka keputusan terhadap Ho ditolak dan Ha diterima artinya peubah promosi penjualan (X2) mempunyai pengaruh lebih besar daripada variabel yang lain terhadap pengambilan keputusan pembelian di Swalayan Golden Tulungagung (Y) dapat diterima. Hal ini sesuai dengan teori menyatakan bahwa bauran promosi mempunyai pengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen.10.1.174.234