OSREL stie-mce
Online Search and Retrieval Library
Undergraduate Thesis
PERENCANAAN STRATEGI PEMASARAN DENGAN MENGGUNAKAN ANALISIS SWOT PADA KUD KAPAS BOJONEGORO
Thesis Detail | |
---|---|
Author | ANWAR HIDAYAT |
Student's ID (NPK) | A.2001.1.25990 (AKUNTANSI) |
Subject | MANAJEMEN STRATEGI |
Keyword | STRATEGI PEMASARAN,ANALISIS SWOT,KUD |
Page(s) | 108 |
Submit Date | 06-03-2007 |
Lecture(s) |
- - - |
Download |
Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2
Abstract
ABSTRAKSI Menghadapi persaingan yang semakin ketat tersebut, maka pihak perusahaan harus mempunyai strategi yang baik dan terutama strategi pemasarannya agar perusahaan mampu bertahan dan berkembang dalam kegiatan usahanya, untuk itu diperlukan adanya perencanaan strategi yang baik bagi perusahaan. Tujuan perencanaan strategi adalah untuk mewujudkan tujuan perusahaan Untuk itu dalam pembuatan perencanaan strategis, pihak perusahaan harus terlebih dahulu menganalisis kondisi lingkungan ekstern serta lingkungan intern. Analisis lingkungan tersebut dapat dilakukan dengan bantuan analisis SWOT. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi kondisi lingkungan internal dan eksternal perusahaan dalam rangka penyusunan strategi pemasaran, dan unutuk menetapkan kebijakan strategi pemasaran yang sesuai dengan kondisi perusahaan atas pertimbangan analisis SWOT berdasarkan kondisi perusahaan saat ini. Jenis penelitian yang digunakan adalah study kasus, yaitu penelitian dengan karakteristik masalah yang berkaitan dengan latar belakang dan kondisi saat ini dari subyek yang diteliti serta interaksinya dengan lingkungan. Alasan digunakan study kasus karena dalam penelitian ini akan dicari penyelesaian permasalahan perusahaan dalam perencanaan strategi sesuai dengan kondisi perusahaan. Adapun peubah dalam penelitian ini adalah (1) Dari konsep lingkungan eksternal terdiri dari faktor-faktor aspek ekonomi, aspek politik termasuk pemerintah dan aturannya, aspek pasar dan persaingan, aspek pemasok dan teknologi, sosial. (2) Dari lingkungan internal terdiri dari aspek pemasaran, aspek keuangan dan akuntansi, aspek produksi/ operasi dan penelitian, aspek sumber daya manusia, aspek organisasi dan manajemen. Dari hasil penelitian diketahui bahwa kekuatan utama yang dimiliki KUD Kapas didapat dari faktor pemasaran yaitu kegiatan usaha KUD Kapas yang cukup bervariasi yang dapat meningkatkan jumlah anggota KUD dan juga meningkatkan pendapatan KUD, dari aspek sumber daya manusia yaitu adanya pelatihan karyawan untuk meningkatkan kualitas karyawan, dari aspek organisasi dan manajemen yaitu KUD Kapas dipercaya sebagai salah satu pengembang dana pengaman ketahanan pangan. Kelemahan perusahaan adalah dari faktor finansial yang ditunjukkan dengan tingkat likuiditas yang menurun dan relatif rendah (current ratio), meningkat dan tingginya rasio leverage (debt ratio). Peluang perusahaan terutama didapat dari pertumbuhan ekonomi Kabupaten Bojonegoro yang semakin baik, kebijaksan pemerintah untuk menggalakkan koperasi dan usaha kecil untuk meningkatkan perekonomiaan rakyat, adanya peluang bagi KUD untuk mengembangkan jumlah keanggotaan KUD dilihat dari jumlah masyarakat yang memenuhi persyaratan untuk menjadi anggota KUD, kegiatan usaha KUD Kapas sesuai dengan mata pencaharian sebagian besar masyarakat disekitarnya. Ancaman perusahaan terutama didapat dari inflasi yang tinggi, meningkatnya tarif listrik, BBM, dan UMR yang menyebabkan biaya operasional meningkat, tingkat persaingan yang tinggi baik dari sesama KUD maupun dari toko-toko pertanian disekitar Bojonegoro, adanya kelangkaan pupuk dan obat-obat pertanian yang dapat mengganggu pasokan barang, dan sulitnya mengajak masyarakat untuk menjadi anggota koperasi karena kurang memahami keuntungan bila menjadi anggota koperasi. Dari analisis matrix swot diketahui bahwa setelah dilakukan analisis SAP dan analisis ETOP, maka posisi perusahaan berada dikuadran I yaitu perusahaan mempunyai kekuatan dan peluang yang tinggi dari lingkungan industrinya. Sehingga strategi yang sesuai untuk perusahaan antara lain adalah : Concentration (Market Penetration), Market Development, Product Development, dan Inovation. Strategi yang diusulkan dalam penelitian ini adalah tetap menggunakan strategi strategi Market Development dengan tujuan untuk meningkatkan kepuasan pelayanan anggota koperasi, sehingga anggota tidak beralih ke KUD lain dan akhirnya diharapkan dapat meningkatka10.1.174.234