Date: 03-07-2025 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

ANALISIS PENGARUH PRODUK, HARGA, SALURAN DISTRIBUSI DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PT. LEO MADIUN

Thesis Detail
Author DAVID DWI MARTHA
Student's ID (NPK) K.2002.1.27307 (MANAJEMEN)
Subject MANAJEMEN PEMASARAN
Keyword PRODUK,HARGA,SALURAN DISTRIBUSI,PROMOSI
Page(s) 121
Submit Date 06-03-2007
Lecture(s) -
-
-
Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

ABSTRAKSI Penelitian ini berjudul “Analisis Pengaruh Produk, Harga, Saluran Distribusi dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT. “LEO” Madiun. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah faktor-faktor dalam pemasaran (produk, harga, saluran distribusi (place) dan promosi) mempengaruhi terhadap keputusan pembelian produk pada konsumen di PT. “LEO” Madiun dan juga untuk mengetahui faktor apa yang paling berpengaruh dalam mempengaruhi keputusan pembelian tersebut. Pada penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi berbagai kalangan yang terkait dalam bidang usaha ini dalam menentukan kebijakannya, terutama dalam bidang pemasaran, dan khususnya pada strategi pemasaran yang dijalankan. Pada penelitian ini diajukan dua hipotesa yaitu, diduga bahwa peubah produk (X1), harga (X2), saluran distribusi (X3), dan promosi (X4) mempengaruhi keputusan pembelian konsumen, dan diduga pada peubah promosi (X4) mempunyai pengaruh yang dominan terhadap keputusan pembelian. Responden yang diteliti adalah pelanggan PT. “LEO” Madiun sebanyak 60 orang. Data pokok diperoleh dengan menyebarkan kuisioner (yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya). Alat analisis yang digunakan regresi berganda uji F dan T. Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa hipotesis I dapat diterima karena dilihat dari hasil nilai F hitung = 26,379 lebih besar dari F tabel = 2,53 pada probabilitas 0,000 sehingga menghasilkan peubah bebas (bX1 = 0,203, bX2 = 0,255, bX3 = 0,135 dan bX4 = 0,271) maka akan diikuti oleh peningkatan keputusan pembelian (Y) secara signifikan dengan t hitung (tX1 = 2,362; tX2 = 3,740; tX3 = 2,114 dan ; tX4 = 3,995) lebih besar dari t tabel = 1,296. Dapat disimpulkan bahwa besarnya peubah bebas terhadap peubah terikat (Y) sebesar 67,5% dan sisanya sebesar 32,5% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Ternyata, promosi mempunyai pengaruh dominan terhadap keputusan pembelian karena memiliki koefisien regresi 0,271 paling besar, sehingga hipotesis II dapat diterima. Berkaitan dengan hasil tersebut, pimpinan PT. “LEO” Madiun hendaknya dapat menjamin bahwa produk yang dijual dapat dijamin keasliannya, kualitas dan bentuknya, memberikan pelayanan dengan cepat, lokasi yang terjangkau mudah dalam mendapatkan produk, harga yang sesuai dengan kualitas produk dan sesuai dengan standard harga yang ditetapkan serta memperlancar kegiatan promosi yang dapat mempengaruhi konsumen untuk membeli produk dari PT. “LEO” Madiun.

 

10.1.53.151