Date: 03-07-2025 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

ANALISIS PENGARUH MARKET STIMULUS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK WICAKSONO (STUDI PADA KONSUMEN KRIPIK BUAH WICAKSONO MALANG)

Thesis Detail
Author DEDY PURWANTO
Student's ID (NPK) K.2002.1.26753 (MANAJEMEN)
Subject MANAJEMEN PEMASARAN
Keyword MARKET STIMULUS,KEPUTUSAN,PEMBELIAN
Page(s) 104
Submit Date 06-03-2007
Lecture(s) -
-
-
Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

Aneka produk kripik buah Wicaksono cukup dikenal oleh masyarakat kota Malang sebagai salah satu pelopor home industri yang menghasilkan jenis kripik yang terbuat dari berbagai macam buah. Usaha kripik buah kini memiliki pesaing yang cukup ketat diantara perusahaan penghasil kripik buah di kota Malang oleh karena itu untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas produk kripik buah Wicaksono, perusahaan berusaha menjalin kerja sama dengan supplier atau pemasok yang sudah memiliki kompetensi dalam menyeleksi kualitas buah-buahan secara berkelanjutan. Tujuan penelitian ini untuk Untuk mengetahui Sejauhmana Market Stimulus yang terdiri dari produk, harga, promosi dan tempat dapat mempengaruhi keputusan pembelian kripik buah Wicaksono dan untuk mengetahui faktor Market Stimulus manakah diantara produk, harga, promosi dan tempat yang mempunyai pengaruh dominan dalam keputusan pembelian kripik buah Wicaksono. Hasil – hasil penelitian membuktikan bahwa produk (X1), Harga (X2), Promosi (X3), Tempat (X4) secara bersama-sama mempunyai hubungan yang signifikan terhadap keputusan pembelian Kripik Wicaksono (Y). Hal ini dapat dilihat pada nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0,773 dan koefisien determinasi (R²) sebesar 0,597 dengan F hitung sebesar 58,241 sedangkan F tabel sebesar 2,53 pada tingkat signifikan 5%. Berdasarkan hal tersebut karena nilai F hitung lebih besar dari F tabel berarti terdapat hubungan dan pengaruh kuat dan signifikan secara bersama-sama antara produk (X1), Harga (X2), Promosi (X3), Tempat (X4) terhadap keputusan pembelian Kripik Wicaksono (Y). dari hasil R² (R square) = 0,597 dapat dikatakan bahwa 59,7% perubahan peubah Y disebabkan oleh perubahan peubah produk (X1), Harga (X2), Promosi (X3), Tempat (X4) secara bersama-sama keputusan pembelian Kripik Wicaksono (Y). sisanya yang 40,3% atau 0,403 disebabkan oleh faktor lain yang tidak termasuk model dalam penelitian ini. Berdasarkan uji korelasi parsial menunjukkan bahwa peubah produk (X1) mempunyai koefisien korelasi parsial sebesar 0,560 lebih tinggi jika dibandingkan dengan koefisien korelasi partial peubah harga (X2) sebesar 0,255, Promosi (X3) sebesar 0,239 dan Tempat (X4) sebesar 0,467. Dengan demikian hipotesis yang menyatakan bahwa peubah produk mempunyai pola hubungan dominan terhadap keputusan pembelian dapat dibuktikan. Berdasarkan uji regresi menunjukkan nilai koefisien regresi peubah produk (X1) memiliki koefisien paling tinggi sebesar 0,393 jika dibandingkan dengan koefisien partial peubah harga (X2) sebesar 0,157, Promosi (X3) sebesar 0,156 dan Tempat (X4) sebesar 0,328, artinya bahwa produk mempunyai sumbangan/kontribusi terbesar terhadap keputusan pembelian Kripik Wicaksono dari pada peubah lainnya. Dengan demikian pernyataan hipotesis II yang menyatakan bahwa produk mempunyai pengaruh dominan terhadap keputusan pembelian dapat dibuktikan.

 

10.1.53.151