Date: 03-07-2025 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

ANALISIS VARIABEL-VARIABEL MOTIVASI YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN KONSUMEN PADA PEMBELIAN MINUMAN BERENERGI

Thesis Detail
Author DADANG DARMADI
Student's ID (NPK) K.991.23042 (MANAJEMEN)
Subject MANAJEMEN PEMASARAN
Keyword MOTIVASI YANG MEMPENGARUHI PEMBELIAN KONSUMEN
Page(s) 104
Submit Date 06-03-2007
Lecture(s) -
-
-
Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

ABSTRAKSI Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh peubah-peubah dalam Motivasi, yaitu harga, kenyamanan, promosi, pelayanan dan kualitas terhadap keputusan pembelian produk minuman berenergi serta untuk mengetahui peubah dalam Motivasi (harga, kenyamanan, promosi, pelayanan dan kualitas) yang mempunyai pengaruh dominan terhadap keputusan pembelian produk minuman berenergi. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa STIE malangkuçeçwara malang, teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara Accidential Sampling dan diperoleh sampel sebanyak 62 responden. Sedangkan metode analisis yang digunakan adalah koefisien regresi berganda. Hasil penelitian pada hipotesis I, diperoleh bahwa pendugaan terhadap peubah bebas, yaitu harga (X1), kenyamanan (X2), promosi (X3), pelayanan (X4) dan kualitas (X5) secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang bermakna terhadap keputusan pembelian (Y) minuman berenergi dapat dibuktikan kebenarannya. Melalui program SPSS, dapat diketahui bahwa dengan tingkat uji a = 0.05 (5%) terbukti. Hal ini dapat dilihat dari koefisien korelasi berganda (R) sebesar 0,917 atau 91,7 %. Dengan kata lain bahwa, terjadinya keputusan pembelian dipengaruhi oleh peubah bebas yang terkait dengan harga (X1), kenyamanan (X2), promosi (X3), pelayanan (X4) dan kualitas (X5), artinya adalah peubah bebas (X1-X5) mampunyai pengaruh dan hubungan yang signifikan terhadap peubah terikat (Y). Berdasarkan nilai R Square dapat diketahui bahwa kontribusi peubah bebas terhadap perubahan atau naik turunnya peubah terikat yaitu sebesar 0,840 (84%), sedangkan sisanya sebesar 0,160 (16%) dipengaruhi oleh peubah bebas lain di luar peubah bebas yang diteliti. Sedangkan pada hasil penelitian pada hipotesis II, diperoleh dugaan bahwa faktor kualitas (X5) mempunyai pengaruh yang dominan terhadap keputusan pembelian (Y) produk minuman berenergi dibandingkan dengan harga (X1), kenyamanan (X2), promosi (X3), dan pelayanan (X4). Untuk menguji hipotesis tersebut digunakan alat analisis regresi berganda. Hal ini dapat dilihat dari besarnya nilai koefisien regresi peubah kualitas (X5) sebesar 0,476 yang merupakan nilai terbesar dibandingkan dengan nilai koefisien regresi dari peubah bebas yang lain. Dengan demikian, pengujian hipotesis kedua yang menyatakan bahwa peubah produk (X1) merupakan peubah yang memiliki pengaruh dominan terhadap keputusan pembelian (Y) produk minuman berenergi dibandingkan dengan harga (X2), promosi (X3), tempat (X4) dan pelayanan (X5) adalah tidak terbukti kebenarannya.

 

10.1.53.151