OSREL stie-mce
Online Search and Retrieval Library
Undergraduate Thesis
ANALISIS PENGARUH BAURAN PROMOSI TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN MENJADI DEBITUR PT. BANK PASAR GUNUNG RINGGIT MALANG
Thesis Detail | |
---|---|
Author | TEGUH IMAM SAPUTRA |
Student's ID (NPK) | K.2002.1.27400 (MANAJEMEN) |
Subject | MANAJEMEN PERBANKAN |
Keyword | BAURAN PROMOSI,DEBITUR BANK PASAR |
Page(s) | 109 |
Submit Date | 06-03-2007 |
Lecture(s) |
- - - |
Download |
Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2
Abstract
ABSTRAKSI Permasalahan yang dihadapi Bank Pasar Gunung Ringgit Malang adalah adanya persaingan yang tinggi antar bank pasar, BPR, maupun bank konvensional lainnya. Agar mampu bersaing dengan bank yang lain maka pengelola bank pasar harus dapat melaksanakan aktivitas promosi yang tepat agar dapat menarik dan merebut perhatian masyarakat untuk menjadi nasabah. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh bauran promosi terhadap pengambilan keputusan untuk menjadi debitur PT. Bank Pasar Gunung Ringgit Malang dan untuk mengetahui bauran promosi yang paling besar pengaruhnya terhadap pengambilan keputusan menjadi debitur PT. Bank Pasar Gunung Ringgit Malang. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah PT. Bank Pasar Gunung Ringgit Malang khususnya nasabah kredit, karena sebagian besar nasabah Bank Pasar ini adalah nasabah kredit sebanyak 667 orang, dan sampel yang diambil sebesar 67 orang dengan teknik pengambilan sampel aksidental sampling. Hipotesis I yang mengemukakan bahwa advertising (X1), sales promotin (X2), personal seling (X3) dan publicity (X4) berpengaruh signifikan terhadap pengambilan keputusan menjadi debitur PT. Bank Pasar Gunung Ringgit Malang (Y) dapat dibuktikan kebenarannya, karena dilihat dari besarnya koefisien korelasi berganda = 0,870 dan F hitung = 48,129 lebih besar dari F tabel = 2,52 pada probabilitas 0,000. Besarnya sumbangan (proporsi) peubah bebas X1 – X4 terhadap peubah terikat Y sebesar 75,6%, dimana peubah bebas yang lainnya sebesar 24,4% dipengaruhi oleh peubah lain yang tidak ikut diteliti. Dari hasil regresi berganda, dapat disimpulkan bahwa peubah bebas memiliki pengaruh terhadap peubah terikat (bX1 = 0,261; bX2 = 0,225; bX3 = 0,352; dan bX4 = 0,193). Dari hasil uji t, dapat disimpulkan bahwa peubah bebas secara parsial mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap peubah terikat (t hitung X1 = 2,441; t hitung X2 = 2,038; t hitung X3 = 2,799; t hitung X4 = 2,435) semuanya lebih besar dari t tabel = 1,6698. Ternyata, peubah X3 (personal selling) memiliki pengaruh dominan terhadap peubah terikat dengan koefisien regresi 0,352 sehingga hipotesis II yang dikemukakan dapat dibuktikan kebenarannya. Pimpinan Bank Pasar hendaknya terus meningkatkan aktivitas bauran promosi karena dari hasil penelitian telah terbukti bahwa bauran promosi memilih pengaruh yang besar dan signifikan terhadap keputusan menjadi debitur di Bank Pasar.10.1.53.151