OSREL stie-mce
Online Search and Retrieval Library
Undergraduate Thesis
ANALISIS FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN PENGGUNAAN JASA EKSPEDISI PT WARNA TATA JAYA BLITAR
Thesis Detail | |
---|---|
Author | HERY NATA SAPUTRA |
Student's ID (NPK) | K.2003.1.27747 (MANAJEMEN) |
Subject | MANAJEMEN PEMASARAN |
Keyword | FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KON SEMEN |
Page(s) | 114 |
Submit Date | 13-03-2007 |
Lecture(s) |
Drs. ZAINUL ARIFIN MM - - |
Download |
Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2
Abstract
Pada masa sekarang ini banyak perusahaan jasa bergerak di bidangpengiriman barang tumbuh ditengah masyarakat sebagai konsumen, denganmemberikan berbagai jasa dan pelayanan dengan keunggulan masing masing. Dalamhal ini dibutuhkan perhatian khusus dari pihak perusahaan jasa di dalam merebutpangsa pasarnya agar senatiasa di gunakan oleh oleh konsumen. Oleh karena ituperusahaan jasa perlu memperhatikan variable-variable perilaku konsumen dalammemutuskan penggunaan jasa pengiriman barang yang terdiri dari variable biaya(X1), ketepatan (X2), pelayanan (X3), keamanan (X4).Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh perilakukonsumen dalam memutuskan penggunaan jasa pengiriman barang yang terdiri darivariable biaya (X1), ketepatan (X2), pelayanan (X3), keamanan (X4) terhadapkeputusan penggunaan jasa yang memilih PT Warna Tata Jaya. Adapun alat analisisyang dipergunakan adalah korelasi berganda, regresi berganda, dan korelasi parsial.Hipotesis I yang menduga bahwa variabel perilaku konsumen yang terdiri darivariable biaya (X1), ketepatan (X2), pelayanan (X3), keamanan (X4) secara bersamasamamempunyai hubungan dan pengaruh yang bermakna terhadap keputusanpenggunaan jasa yang memilih PT Warna Tata Jaya Blitar (Y) dapat dibuktikankebenarannya. Hal ini dapat dilihat dari koefisien korelasi berganda (R) = 0,764dengan Fhitung sebesar 15,823 > Ftabel = 2,59, atau probabilitas 0,000 lebih kecil dari0,05. Secara parsial, peubah bebas mempunyai pengaruh yang signifikan terhadappeubah terikat karena nilai thitung X1 = 5,173; thitung X2 = 3,157; thitung X3 = 3,019; thitungX4 = 3,238 yang lebih besar dari ttabel = 1,6794 yang menghasilkan keputusanterhadap Ho ditolak atau Ha diterima. Jadi hubungan tersebut bermakna. Dengandemikian hipotesis yang diajukan dapat dibuktikan. Besarnya kontribusi atausumbangan (R2) peubah bebas terhadap peubah terikat sebesar 58,4% sisanya 41,6%dipengaruhi oleh peubah bebas lain yang tidak diteliti.Sedangkan hipotesis II yang menduga bahwa peubah biaya (X1) mempunyaipengaruh yang dominan terhadap keputusan penggunaan jasa yang memilih PTWarna Tata Jaya Blitar (Y) dibandingkan dengan peubah bebas lainnya dapatdibuktikan kebenarannya. Hal ini dapat dibuktikan dari besarnya koefisien regresiberganda (b1) = 0,367 dan koefisien korelasi parsial (r1) = 0,611 merupakan koefisienyang paling besar diantara peubah bebas lainnya, sehingga hipotesis II terbukti.Untuk itu, PT. Warna Tata Jaya Blitar hendaknya dapat memperhatikan faktor biayasebagai timbal balik untuk memperoleh suatu jasa, dimana biaya mempunyaikemampuan untuk memuaskan keinginan atau kebutuhan konsumen.3.15.26.108