OSREL stie-mce
Online Search and Retrieval Library
Undergraduate Thesis
PENGARUH PERILAKU KONSUMEN TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN KONSUMEN UNTUK MEMBELI PONSEL MEREK NOKIA
Thesis Detail | |
---|---|
Author | WISHNU ADHIKRESNA |
Student's ID (NPK) | K.2001.1.25741 (MANAJEMEN) |
Subject | MANAJEMEN PEMASARAN |
Keyword | PERILAKU KONSUMEN,KEPUTUSAN |
Page(s) | 124 |
Submit Date | 20-03-2007 |
Lecture(s) |
Drs. AGUSSALIM ANDRIANSYAH M.Si - - |
Download |
Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2
Abstract
PENGARUH PERILAKU KONSUMEN TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSANKONSUMEN UNTUK MEMBELI PONSEL MEREK NOKIA(Studi Pada Mahasiswa Angkatan 2001/2002 STIE Malangku*e*wara Malang)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor-faktor perilakukonsumen (kelompok referensi, keluarga, motivasi, pengamatan serta kepribadian dankonsep diri) terhadap keputusan konsumen untuk membeli ponsel merek Nokia sertauntuk mengetahui peubah perilaku konsumen di antara kelompok referensi, keluarga,motivasi, pengamatan serta kepribadian dan konsep diri yang mempunyai pengaruhdominan terhadap keputusan konsumen untuk membeli ponsel merek Nokia.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa STIEMalangkuVeVwara Malang angkatan 2001/2002 sebanyak 796 mahasiswa yang terdiridari 388 mahasiswa jurusan Akuntansi dan 381 mahasiswa jurusan Manajemen.Jumlah sampel ditentukan sebanyak 80 responden (10% dari jumlah populasi) denganteknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling. Teknik analisis datayang digunakan untuk menguji hipotesis adalah regresi berganda.Hasil hipotesis I menghasilkan nilai F hitung yang dihasilkan (29,835) lebihbesar dari nilai F tabel (2,37) dan nilai Sig F yang dihasilkan (0,000) di bawah nilaisignifikan 0,05 hal ini berarti peubah-peubah Kelompok Referensi (X1),Keluarga (X2), Motivasi (X3), Pengamatan (X4) dan Kepribadian dan KonsepDiri (X5) secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadapKeputusan Pembelian (Y) Ponsel Merek Nokia. Nilai R Square sebesar 0,668menunjukkan bahwa peubah-peubah Kelompok Referensi (X1), Keluarga (X2),Motivasi (X3), Pengamatan (X4) dan Kepribadian dan Konsep Diri (X5) secarabersama-sama menjelaskan peubah Keputusan Pembelian (Y) Ponsel Merek Nokiasebesar 66,8% sedangkan sisanya sebesar 33,2% dijelaskan oleh peubah lain yangtidak diteliti dalam penelitian ini atau model. Hasil uji t menunjukkan bahwa nilai thitung masing-masing peubah bebas lebih besar daripada t tabel dan nilai Sig tmasing-masing peubah bebas di bawah nilai signifikan 0,05. Hasil analisis inimenunjukkan jika masing-masing peubah bebas yaitu Kelompok Referensi (X1),Keluarga (X2), Motivasi (X3), Pengamatan (X4) dan Kepribadian dan KonsepDiri (X5) secara parsial mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap peubahKeputusan Pembelian (Y) Ponsel Merek Nokia. Dapat disimpulkan bahwa peubahpeubahKelompok Referensi (X1), Keluarga (X2), Motivasi (X3), Pengamatan (X4)dan Kepribadian dan Konsep Diri (X5) terbukti mempunyai pengaruh yang signifikanterhadap Keputusan Pembelian (Y) Ponsel Merek Nokia. Dengan demikian dapatdikatakan jika hipotesis I dapat dibuktikan kebenarannyaHasil pengujian hipotesis II diketahui peubah Kelompok Referensi (X1)mempunyai nilai koefisien regresi terbesar (0,242) diantara nilai koefisien regresipeubah bebas yang lain. Hal ini berarti peubah Kelompok Referensi (X1) mempunyaipengaruh paling besar (dominan) terhadap Keputusan Pembelian (Y) Ponsel MerekNokia. Dengan demikian hipotesis 2 terbukti.18.216.244.2