Date: 05-05-2025 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

PENGARUH KEBIJAKSANAAN BIAYA PRODUK, HARGA, BIAYA SALURAN DISTRIBUSI DAN PROMOSI TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA PERUSAHAAN SEPATU CV SURYA CITRA ABADI DI MOJOKERTO

Thesis Detail
Author ABD. KHALIM
Student's ID (NPK) K.2002.1.27422 (MANAJEMEN)
Subject MANAJEMEN PEMASARAN
Keyword KEBIJAKAN BIAYA PRODUK
Page(s) 77
Submit Date 22-03-2007
Lecture(s) Drs. MOHAMAD SODIK LATIEF
-
-
Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

Penelitian dengan judul pengaruh kebijksanaan biaya produk, harga,biaya saluraan distribusi dan biaya promosi terhadap volume penjualan padaperusahaan sepatu CV. Surya Citra Abadi di Mojokerto dilatarbelakangikondisi perusahaan yang kurang memperhatikan dan mengidentifikasikankebijaksanaan perusahaan mengenai bauran pemasaran yang tepat dan terarah.Kebijaksanaan yang diambil oleh perusahaan dalam aktifitas pemasarannyaharus ditinjau dan dikembangkan terlebih dahulu sesuai dengan perkembanganpasar dan lingkungan pasar tersebut. Dengan demikian kebijaksanaanperusahaan mengenai produk, harga, saluran distribusi dan promosi harusdapat memberikan gambaran yang jelas dan terarah tentang apa yang dilakukanperusahaan dalam memanfaatkan setiap kesempatan atau peluang padabeberapa sasaran pasar. guna meningkatkan volume penjualan.Hasil penelitian pada hipotesis I, diperoleh bahwa pendugaan terhadappeubah bebas, yaitu biaya produk (X1), harga (X2), biaya saluran distribusi (X3),dan biaya promosi (X4) secara bersama-sama mempunyai pengaruh yangbermakna terhadap volume penjualan (Y) perusahaan sepatu pada CV. Surya CitraAbadi dapat dibuktikan kebenarannya. Melalui program SPSS, dapat diketahuibahwa dengan tingkat uji a = 0.025 (2,5%) terbukti. Hal ini dapat dilihat darikoefisien korelasi berganda (R) sebesar 0,875 atau 88%. Dengan kata lain bahwa,terjadinya kenaikan atau penurunan penjualan dipengaruhi oleh peubah bebasyang terkait dengan biaya produk (X1), harga (X2), biaya saluran distribusi (X3),dan biaya promosi (X4), artinya adalah peubah bebas (X1-X4) mampunyaipengaruh dan hubungan yang signifikan terhadap peubah terikat (Y). Berdasarkannilai R Square dapat diketahui bahwa kontribusi peubah bebas terhadapperubahan atau naik turunnya peubah terikat yaitu sebesar 0,766 (77%),sedangkan sisanya sebesar 0,234 (23%) dipengaruhi oleh peubah bebas lain diluar peubah bebas yang diteliti.Sedangkan pada hasil penelitian pada hipotesis II, diperoleh dugaan bahwafaktor biaya saluran distribusi (X3) mempunyai pengaruh yang dominan terhadapvolume penjualan (Y) perusahaan sepatu pada PT. CV. Surya Citra Abadidibandingkan dengan harga (X2), biaya saluran distribusi (X3), biaya promosi(X4). Untuk menguji hipotesis tersebut digunakan alat analisis regresi berganda.Hal ini dapat dilihat berdasarkan hasil analisis regresi berganda diketahuibesarnya nilai t hitung peubah saluran distribusi (X3) = 3,842 adalah paling besarhubungan dan pengaruhnya diantara peubah bebas lainnya.. Dengan demikian,pengujian hipotesis kedua yang menyatakan bahwa peubah saluran distribusi (X3)merupakan peubah yang mempunyai pengaruh dominan terhadap volumepenjualan (Y) perusahaan sepatu pada CV. Surya Citra Abadi dibandingkandengan harga (X2), biaya saluran distribusi (X3), biaya promosi (X4).adalahterbukti kebenarannya.

 

3.16.143.199