Date: 12-07-2025 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

PERBANDINGAN SENSITIVITAS ETIS ANTARA MAHASISWA AKUNTANSI DAN MAHASISWA MANAJEMEN SERTA PRAKTISI KAP DAN DOSEN AKUNTANSI

Thesis Detail
Author IVANA
Student's ID (NPK) A.2003.1.27774 (AKUNTANSI)
Subject TEORI AKUNTANSI
Keyword PERBANDINGAN SENSUTIVITAS ETIS ANTAR MAHASISWA
Page(s) 216
Submit Date 10-04-2007
Lecture(s) Drs. SONHAJI MS
-
-
Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

Dalam dunia usaha, pemerintah, dan masyarakat, jasa akuntan sangatdiperlukan, sehingga profesionalisme mereka merupakan kunci pokok untukmendapatkan kepercayaan dalam menyandang sebuah profesi. Selain seorangakuntan, jasa pengajar sekaligus pendidik yaitu dosen akuntansi merupakan salahsatu cerminan bagi mahasiswa di kemudian hari. Dalam bidang akuntansi, seorangmahasiswa juga perlu didorong untuk memiliki tanggung jawab sosialPenelitian disini bertujuan untuk menguji perbedaan respons antaramahasiswa akuntansi pria dan wanita serta mahasiswa akuntansi dan mahasiswamanajemen berkaitan dengan pengalaman mereka ketika mempunyai kesempatanuntuk melakukan berbagai aktivitas akademis yang tidak etis. Hal ini disebabkankarena aktivitas keseharian seorang mahasiswa baik itu disadari atau tidak disadaripernah melakukan tindakan menyontek untuk mendapatkan nilai baik ataupunmeningkatkan karir mereka di masa datang. Selain itu juga, penelitian ini untukmenguji perbedaan respons antara praktisi KAP dan dosen akuntansi berkaitandengan kesadaran etis mereka dalam suatu profesi. Dan hasil hipotesis I daripenelitian ini adalah Tidak ada perbedaan sensitivitas etis antara mahasiswaakuntansi pria dan mahasiswa akuntansi wanita terhadap aktivitas tidak etis yangterjadi di dalam lingkungan akademik, hipotesis kedua adalah Tidak ada perbedaansensitivitas etis antara mahasiswa akuntansi dan mahasiswa manajemen terhadapaktivitas tidak etis yang terjadi di dalam lingkungan akademik, hipotesis ketigaadalah mahasiswa yang toleran terhadap perilaku tidak etis akan lebih sinikal,hipotesis keempat adalah Tidak ada perbedaan sensitivitas etis antara praktisi KAPdan dosen akuntansi terhadap aktivitas tidak etis yang terjadi di dalam profesimereka.Dalam penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa salah satu penyebabmasalah etika, nilai dan perilaku profesional saat ini adalah sedikitnya pendidikanetika akuntansi masih yang diajarkan pada mahasiswa, sehingga hasilnya tidak adaperbedaan sensitivitas etis terhadap aktivitas tidak etis yang terjadi di dalamlingkungan akademik baik antara mahasiswa akuntansi maupun mahasiswamanajemen serta praktisi KAP dan dosen akuntansi. Dan perilaku tidak etis dikalangan profesional sudah tumbuh bahkan sejak sebelum menjadi mahasiswa.Dalam penulisan ini diberikan saran yang mungkin dapat dipertimbangkanantara lain menambah mata kuliah etika pada kurikulum di setiap Perguruan Tinggi.Di samping itu menciptakan menciptakan lingkungan pendidikan yang mendukung,salah satunya dengan mengadakan kegiatan seminar-seminar yang diperuntukkanbagi mahasiswa dan dosen berkaitan dengan moral dan etika.

 

10.3.41.240