Date: 12-07-2025 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

PENGARUH KEPUASAN NASABAH ATAS LAYANAN INTERNET BANKING (E-BANKING) TERHADAP NIAT BERTRANSAKSI ULANG DI PT. BANK CENTRAL ASIA, TBK. MALANG

Thesis Detail
Author TOMMY SATRIA PAMUNGKAS
Student's ID (NPK) K.2000.1.24462 (MANAJEMEN)
Subject MANAJEMEN PEMASARAN
Keyword KEPUASAN NASABAH
Page(s) 114
Submit Date 12-04-2007
Lecture(s) Dra. LEILA SALAWATI CHAIRAT M.Si
-
-
Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

Responden dalam penelitian ini adalah seluruh nasabah yang bertransaksimenggunakan e-Banking khusus bulan Oktober dan November 2006, yaitu sebanyak64 orang. Responden yang dimaksud mengenai tingkat usia responden (usia 36-51tahun adalah mayoritas, yaitu sebanyak 28 orang atau 43,7%), untuk jenis kelaminresponden ( sebanyak 35 orang atau 54,7% mayoritas adalah laki-laki ), untuk tingkatpendidikan formal responden ( sebanyak 21 orang atau 3 2,8% mayoritas berlatarbelakang pendidikan sarjana S-1 / S-2 ), untuk waktu (jam ) responden menggunakane-Banking ( mayoritas sebelum jam 08.00, sebanyak 23 orang atau 3 5,9% ), untukkebutuhan responden menggunakan e-Banking ( mayoritas untuk informasi rekening,yaitu sebanyak 19 orang atau 29,7% ), untuk tenggang waktu respondenmenggunakan e-Banking ( mayoritas  1 tahun, sebanyak 32 orang atau 50,0%) danterakhir untuk frekuensi responden menggunakan e-Banking (sebulan), (mayoritas  6 kali, sebanyak 29 orang atau 45,3%).Hipotesis pertama bertujuan untuk menganalisa hubungan dan pengaruhpeubah kepuasan nasabah pada layanan e-Banking, yakni kenyamanan (convenience), variasi jasa ( service offerings ), desain situs (sites design ), dan keamanan transaksi(financial security) pada layanan e-Banking terhadap keputusan nasabah bertransaksiulang (retransaction intention) melalui e-Banking di PT. BCA. Tbk, Malang.Berdasarkan hasil pengujian hipotesis pertama, dimana dengan telah dipenuhi semuahal diatas, maka mampu menunjukkan keputusan nasabah bertransaksi ulang(retransaction intention) melalui e-Banking di PT. BCA, Tbk. Malang sesuai denganyang diharapkan. Terbukti dengan koefisien korelasi berganda, yaitu ( Multiple R)0,960 dengan uji F hitung sebesar 173,550> F tabel sebesar 2,53, maka keputusannyaHo ditolak dan Ha diterima, jadi terbukti.Hipotesis kedua bertujuan untuk menganalisa peubah kepuasan nasabah padalayanan e-Banking, yakni desain situs (sites design) yang mempunyai pengaruhdominan terhadap keputusan nasabah untuk bertransaksi ulang melalui e-Banking diPT. BCA, Tbk. Malang. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis kedua dengan analisisparsial, menyatakan bahwa peubah desain situs (sites design) (X3) yang berpengaruhdominan terhadap peubah keputusan nasabah untuk bertransaksi ulangasafhlafafyaasfaPENGARUH KEPUASAN NASABAH ATAS LAYANAN INTERNET BANKING (e-BANKING) TERHADAPNIAT BERTRANSAKSI ULANG DI PT. BANK CENTRAL ASIA, Tbk. MALANGAuthor: TOMMY SATRIA PAMUNGKAS NPK: K.2000.1.24462melalui e-Banking di PT. BCA, Tbk, Malang ( Y ). Ini dibuktikan dari koefisienregresi peubah desain situs (sites design) (X3) paling besar, yaitu 0,486. Faktor lainbahwa peubah desain situs (sites design) (X3 ) yang berpengaruh dominan terhadappeubah keputusan nasabah bertransaksi ulang melalui e-Banking di PT. BCA, Tbk,Malang (Y) maka keputusannya Ho ditolak dan Ha diterima, jadi terbukti. Hal iniberarti nasabah lebih mempertimbangkan faktor desain situs (sites design) (X3), yaituterdiri dari keteraturan tampilan khusus, petunjuk operasional yang mudah diikuti dankemudahan menemukan tanda (icon) e-Banking.

 

10.3.41.240