Date: 12-07-2025 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

ANALISIS PENGARUH ADVERTISING TERHADAP PENINGKATAN PENJUALAN PADA PERUSAHAAN ROTI BAROKAH JAYA LAWANG

Thesis Detail
Author YOHAN MIRTHA PRADHANA
Student's ID (NPK) K.2002.1.27642 (MANAJEMEN)
Subject MANAJEMEN PEMASARAN
Keyword PENGARUH ADVERTISING,PENJUALAN
Page(s) 87
Submit Date 13-04-2007
Lecture(s) Drs. EKO SUDJAWOTO MM
Drs. ANTON HARRY POERWADI MM
-
Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian yang menguji pengaruh advertisingterhadap peningkatan penjualan. Tujuan yang ingin dicapai adalah untuk mengetahuipengaruh pelaksanaan advertising yang dilaksanakan perusahaan terhadappeningkatan penjualan, dan untuk mengetahui faktor yang paling berpengaruhterhadap peningkatan penjualan.Advertising yang dijalankan oleh perusahaan merupakan salah satu faktor ataualat dari upaya perusahaan untuk mengadakan komunikasi dengan masyarakattentang produk yang dihasilkan, karena dengan komunikasi tersebut maka akandiketahui kegunaan dan manfaat dari produk tersebut.Pelaksanaan penelitian tentang pengaruh advertising terhadap peningkatanvolume penjualan menggunakan metode statistik yaitu pendekatan regresi,pendekatan standart deviasi dan pendekatan least square.Hasil penelitian menunjukkan bahwa biaya advertising yang dikeluarkanperusahaan mengalami naik turun, dimana media yang digunakan dalam advertisingadalah media kalender, media asbak, media payung, media sponsor. Biaya mediakalender, media asbak, media payung mengalami penurunan dan hanya mediasponsor yang meningkat. Penurunan biaya media advertising tersebut berpengaruhpada perolehan pendapatan perusahaan, dimana tahun 2005 tingkat pendapatan turundari Rp 1.637.047.500 menjadi Rp 1.535.647.855.Untuk meningkatkan kembali perolehan pendapatan tersebut maka perusahaanperlu merencanakan biaya advertising dengan baik dimana tahun 2006 biaya kelandermeningkat menjadi Rp 15.282.420, biaya media asbak sebesar Rp 17.124.180, biayamedia payung sebesar Rp 12.809.632 dan biaya media sponsor sebesar Rp21.703.768. dalam aktivitasnya biaya yang direncanakan tersebut jarang sekali dapatdirealisasikan sesuai dengan perencanaan yang disusun sehingga perlu dihitungpenyimpangan yang boleh terjadi atas biaya tersebut, dimana penyimpangan biayakalender Rp 1.424.906,5, penyimpangan biaya asbak sebesar Rp 1.344.583,1,penyimpangan biaya payung sebesar Rp 2.095.707,5 dan penyimpangan biayasponsor sebesar Rp 6.215.872,4.Sedangkan hasil perhitungan statistik diketahui nilai korelasi sebesar 0,946yang berarti hubungan antara advertising sebesar 94,6% dan nilai R Square sebesar0,895 yang berarti pengaruh advertising terhadap penjualan sebesar 89,5%,selanjutnya nilai regresi ganda menunjukkan bahwa media kalender (X1) memilikipengaruh yang dominan terhadap peningkatan volume penjualan dengan nilai regresisebesar 139,350.Dari hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa advertising memilikihubungan yang kuat terhadap peningkatan volume penjualan dan menempatkanmedia kalender merupakan media yang paling besar pengaruhnya terhadappeningkatan volume penjualan.

 

10.3.41.240