Date: 12-07-2025 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

FAKTOR INTERNAL DAN EKSTERNAL YANG BERPENGARUH TERHADAP PERILAKU KONSUMEN DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN KENDARAAN RODA DUA MERK YAMAHA YUPITER

Thesis Detail
Author IRMA MARASABESSY
Student's ID (NPK) K.2002.1.27265 (MANAJEMEN)
Subject PERILAKU KONSUMEN
Keyword FAKTOR INTERNAL,EKSTERNAL
Page(s) 118
Submit Date 13-04-2007
Lecture(s) Dra. GONDO ASTUTI MM
-
-
Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

Masalah yang dialami oleh mahasiswa STIE Malangkuçeçwara Malangmemiliki penilaian yang berbeda-beda mengenai produk Yamaha Yupiter, sehinggadengan kata lain mereka sebagai konsumen akan memilih produk Yamaha Yupitersesuai dengan apa yang mereka inginkan. Berdasarkan uraian ini, maka penelitian inidilakukan untuk mengkaji faktor-faktor yang berpengaruh terhadap perilakukonsumen dalam memilih produk Yamaha Yupiter tersebut.Dari teori yang ada, terdapat tiga konsep, yaitu faktor-faktor perilakukonsumen eksternal, faktor-faktor perilaku konsumen internal dan konsep keputusanpembelian. Konsep perilaku konsumen terdiri dari kelas sosial, kelompok referensi,keluarga, motivasi dan pengamatan.Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Sekolah Tinggi Ekonomi(STIE) Malangkuçeçwara Malang.Metode yang digunakan untuk menguji hipotesis ini adalah metode statistikdengan menggunakan program SPSS. Untuk menguji hipotesis I, alat analisis yangdipergunakan adalah korelasi berganda. Hipotesis I yang dimaksud adalah didugaterdapat hubungan yang signifikan antara variabel faktor-faktor perilaku konsumen(internal dan eksternal), yakni kelas sosial (X1), kelompok referensi (X2), keluarga(X3), motivasi (X4) dan pengamatan (X5) secara simultan terhadap variabelkeputusan pembelian produk Yamaha Yupiter di Malang (Y). Sedangkan untukmenguji hipotesis II, alat analisis yang dipergunakan adalah regresi linier bergandadan korelasi parsial. Hipotesis II yang dimaksud adalah diduga terdapat pengaruhyang signifikan antara variabel faktor-faktor perilaku konsumen (internal daneksternal), yakni kelas sosial (X1), kelompok referensi (X2), keluarga (X3), motivasi(X4) dan pengamatan (X5) secara parsial terhadap variabel keputusan pembelianproduk Yamaha Yupiter di Malang (Y).Berdasarkan hasil pengujian pertama dengan analisis korelasi bergandamenyatakan variabel kelas sosial (X1), variabel kelompok referensi (X2), variabelkeluarga (X3), variabel motivasi (X4) dan variabel pengamatan (X5) secara simultanmempunyai hubungan yang bermakna terhadap variabel keputusan pembelian produkYamaha Yupiter di Malang (Y), hal ini terbukti dari koefisien korelasi, yaitu(Multiple R) 0,990 dengan uji F hitung sebesar 557,751 > F tabel sebesar 2,37, makakeputusannya Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi hipotesis pertama dapat dibuktikanFAKTOR INTERNAL DAN EKSTERNAL YANG BERPENGARUH TERHADAP PERILAKUKONSUMEN DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN KENDARAAN RODADUA MERK YAMAHA YUPITER(Studi Kasus Pada Mahasiswa STIE Malangkuçeçwara)Author: IRMA MARASABESSY NPK: K. 2002. 1. 27265xiiikebenarannya. Alasan mengapa kelima variabel di atas dipilih sebagai variabel bebastak lain, karena berdasarkan observasi peneliti kelima variabel tersebut memangmempunyai dampak yang berarti dalam hal pengambilan keputusan menggunakanproduk Yamaha Yupiter.Berdasarkan pengujian hipotesis kedua dengan analisis regresi linierberganda, menyatakan bahwa variabel bebas, yaitu keluarga (X3) mempunyaipengaruh dominan terhadap variabel keputusan pembelian produk Yamaha Yupiter diMalang (Y), yang berarti bahwa keluarga mampu menjelaskan hubungan danpengaruhnya terhadap keputusan pembelian. Ini dibuktikan dari koefisien regresi dankoefisien korelasi parsial dari variabel variabel keluarga (X3) paling besardibandingkan variabel lainnya, yaitu sebesar 0,359 dengan uji t hitung sebesar 5,431> t tabel sebesar 1,6672. Jadi variabel variabel keluarga (X3) yang berpengaruhdominan terhadap variabel keputusan pembelian produk Yamaha Yupiter di Malang(Y), maka keputusannya Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi hipotesis kedua dapatdibuktikan kebenarannya. Alasan lain variabel kelua

 

10.3.41.240