Date: 12-07-2025 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

PERENCANAAN STRATEGI YANG TEPAT UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN KAMAR HOTEL PADA HOTEL HERLINGGA JAYA - BLITAR

Thesis Detail
Author NDARU PRAMESTI
Student's ID (NPK) K.2002.1.27670 (MANAJEMEN)
Subject MANAJEMEN PEMASARAN
Keyword STRATEGI PENINGKATAN PENJUALAN
Page(s) 106
Submit Date 13-04-2007
Lecture(s) Dra. TITIEK ISMIRANTI HS.
-
-
Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

Dalam era pembangunan dewasa ini, sektor pariwisata merupakan sektor usahayang diandalkan karena mempunyai prospek yang cerah di masa yang akan datang.Selain itu juga, sektor ini merupakan sumber pendapatan devisa yang bisa diandalkan.Adanya kebijaksanaan pemerintah dalam bidang ekonomi telah mendorongperkembangan industri pariwisata. Salah satu kegiatan usaha dalam menunjang programpemerintah untuk meningkatkan kepariwisataan adalah dengan adanya jasa di bidangperhotelan.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perencanaan strategi perusahaan dalammenghadapi kondisi lingkungan ekstern dan intern yang setiap saat dapat berubah danuntuk mengetahui bagaimana cara menerapkan perencanaan strategi yang tepat sehinggasesuai dengan tujuan perusahaan yaitu untuk mencapai tingkat penjualan kamar yangmaksimal dan mengutamakan kepuasan serta kualitas pelayananBerdasarkan analisis SAP (Strategy Advantage Profile) dapat disimpulkanbahwa di bidang pemasaran promosi yang dilakukan oleh perusahaan masih kurangefektif mengingat biaya anggaran promosi yang masih rendah, di bidang produksipelayanan yang dilakukan oleh Hotel Herlingga Jaya sangat memperhatikan kepuasanpara wisatawan, para karyawan juga perlu untuk memberikan service kepada tamu yangmasih menginap sampai tamu tersebut meninggalkan hotel, di bidang keuangan dapatdiketahui diketahui bahwa ratio likuiditas keuangan perusahaan dinilai dari current ratiomasih kurang likuid, sedangkan dilihat dari cash ratio perusahaan mengalami overlikuid. Hasil analisis ETOP (Environmental Threat and Opportunity Profile) dapatdisimpulkan bahwa : di bidang ekonomi sekarang ini masih kurang menguntungkan initerlihat dari tingkat inflasi yang tidak menentu yang nantinya akan menghambat usahatermasuk sektor pariwisata, di bidang kebijaksanaan pemerintah sangat mendukungpertumbuhan industri kepariwisataan karena dapat meningkatkan devisa negara, dibidang lingkungan dan sosial, masyarakat sangat antusias dan mendukung keberadaanpariwisata dengan melalui sikap dan menciptakan suasana yang menyenangkan sepertiadat kebudayaan bangsa Indonesia, di bidang persaingan, perusahaan memilikikelebihan dari para pesaingnya yaitu dari harga sewa kamar yang relatif bersaing sertaadanya hotel dan taman hiburan yang tidak dimiliki oleh motel lain di Blitar.Berdasarkan analisis SWOT dapat simpulkan bahwa Strength (kekuatan) HotelHerlingga Jaya, memliki kekuatan letaknya yang strategis dekat makam Bung Karno,Kantor Pemerintahan dan tempat pemberhentian Bus dari arah Malang sehinggamembuat Hotel ini sering dan ramai dikunjungi, loyalitas yang tinggi dari parakaryawan, perusahaan telah melakukan pengembangan sumber daya manusia khususnyayang ada pada perusahaan. Weakness (kelemahan) yaitu promosi yang dilakukanperusahaan masih belum efektif karena rendahnya biaya promosi yang dianggarkan,fasilitas kamar yang dimiliki oleh perusahaan belum sempurna, tidak adanya pricediscount untuk setiap pengunjung yang menginap di hotel Herlingga Jaya, keuangandilihat dari ratio likuiditas yang kurang baik dan profitabilitas rendah maka merupakankelemahan bagi perusahaan dalam menghasilkan laba. Opportunity (peluang) yaitukebijakan pemerintah dalam rangka menggalakkan sektor pariwisata yaitu melaluiperaturan-peraturan yang mempermudah perijinan, semakin banyaknya wisatawan baikdari dalam maupun dari luar negeri yang datang ke Makam Bung Karno, hubungan baikyang telah dibina oleh perusahaan dengan para pemasok, kreditur, dan para pelanggan,adanya perkembangan dan kemajuan teknologi yang mendorong orang untukmenggunakan kemudahan dalam mencari informasi dan juga untuk menunjangpelayanan kepada para tamu.Threats (ancaman) yaitu banyaknya berdiri hotel-hotelyang ada

 

10.3.41.240