OSREL stie-mce
Online Search and Retrieval Library
Undergraduate Thesis
ANGGARAN OPERASIONAL SEBAGAI ALAT UNTUK MERENCANAKAN DAN MENGENDALIKAN LABA PADA CV MAHKOTA TERATAI SINGOSARI
Thesis Detail | |
---|---|
Author | NURMIANTO TEGUH WIJAYA |
Student's ID (NPK) | A.2001.1.25894 (AKUNTANSI) |
Subject | ANGGARAN |
Keyword | ANGGARAN OPERASIONAL, PENGENDALIAN LABA |
Page(s) | 109 |
Submit Date | 18-04-2007 |
Lecture(s) |
Dra. TUTIK ARNIATI Ak. MM - - |
Download |
Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2
Abstract
Banyak perusahaan yang tidak dapat merencanakan dan mengendalikan labasecara efektif karena ketidakmampuan manajemen perusahaan dalam menyusunanggaran operasional. Sehingga penyusunan anggaran operasional hanya didasarkanpada dugaan manajemen saja, tanpa adanya dasar perhitungan yang akurat dan dapatdipertanggungjawabkan.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana menyusun prosespenyusunan anggaran operasional dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhipenyusunan anggaran operasional tersebut serta kaitannya dengan perencanaan danpengendalian laba. Selain itu, juga untuk mengetahui ada atau tidaknyapenyimpangan prosedur penyusunan anggaran serta anggaran operasional yangditerapkan oleh perusahaan sebagai alat untuk merencanakan dan mengendalikanlaba. Alat analisis yang digunakan meliputi meramalkan anggaran penjualan,anggaran produksi, anggaran bahan baku, anggaran tenaga kerja langsung dananggaran biaya overhead, anggaran biaya administrasi dan umum serta anggaranbiaya penjualan dan pemasaran yang selanjutnya akan digunakan untuk menyusunanggaran operasional yang terintegrasi untuk mendapatkan informasi yang tepatdalam rangka untuk merencanakan proyeksi laba yang diinginkan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa anggaran operasional untuk Tahun 2007,penjualan yang dianggarkan adalah Rp 8.673.795.900,00 dengan harga pokokpenjualan sebesar Rp 4.651.727.889,00; dengan biaya operasional sebesar Rp2.095.000.000,00 yang terdiri atas biaya administrasi dan umum sebesar Rp1.525.000.000,00 serta biaya pemasaran dan penjualan sebesar Rp 570.000.000,00.sehingga laba yang dianggarkan adalah sebesar Rp 1.927.068.011,00 atau 22,22%dari nilai penjualan. Hal ini menunjukkan bahwa anggaran operasional dapatdigunakan sebagai alat perencanaan dan pengendalian laba.10.3.41.240