Date: 12-07-2025 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

PERANAN AUDIT PEMASARAN DALAM MENILAI EFEKTIVITAS DAN EFISIENSI BAGIAN PEMASARAN PADA PT. KLASEMAN PROBOLINGGO

Thesis Detail
Author VERONIKA CITRA TANJUNGSARI
Student's ID (NPK) A.2003.1.27982 (AKUNTANSI)
Subject PEMERIKSAAN MANAJEMEN
Keyword AUDIT PEMASARAN,EFEKTIFITAS DAN EFISIENSI, PEMASARAN
Page(s) 89
Submit Date 18-04-2007
Lecture(s) Dra. RR. WIDANARNI PUDJIASTUTI Ak.,M.Si
-
-
Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

Audit Pemasaran merupakan alat yang berguna untuk mengembangkanstrategi pemasaran di masa yang akan datang untuk menentukan komponen yangberpengaruh terhadap pemasaran dan dapat membantu manajemen dalampengambilan keputusan yang berhubungan dengan pemasaran perusahaan.Komponen yang berpengaruh terhadap pemasaran adalah lingkungan pemasaran,strategi pemasaran, organisasi pemasaran, sistem pemasaran, produktivitaspemasaran, dan fungsi pemasaran.Audit pemasaran dilakukan di PT. Klaseman yang bergerak di bidangperkayuan dengan tujuan ini untuk mengetahui peran audit pemasaran dalam menilaiefektivitas dan efisien bagian pemasaran. Faktor–faktor yang diteliti adalah:lingkungan pemasaran, strategi pemasaran, organisasi pemasaran, sistem pemasaran,produktivitas pemasaran, dan fungsi pemasaran. Sedangkan metode yang digunakanadalah metode kualitatif dan kuantitatif.Hasil audit pemasaran pada PT. Klaseman ditemukan bahwa strategipemasaran yang belum diterapkan dengan efektif; inefektivitas organisasi pemasarankarena terdapat perangkapan tugas dan tanggungjawab; produktivitas pemasaran yanginefisiensi dikarenakan terjadinya penurunan penjualan dari rencana serta adanyapeningkatan biaya. Untuk itu perusahaan sebaiknya memperhatikan kinerja bagianpemasaran dalam pembagian tugas dan tanggungjawab, mengevaluasi rencana yangtelah ditetapkan serta mempertahankan dan meningkatkan kualitas produk. Untukmengurangi dan mengatasi penyimpangan-penyimpangan dalam perusahaansebaiknya audit pemasaran dilakukan secara berkala dan tepat sasaran agarperusahaan dan kegiatan pemasaran berjalan efektif dan efisien.Kata kunci: audit pemasaran, efektivitas dan efisiensi bagian pemasaran.

 

10.3.41.240