OSREL stie-mce
Online Search and Retrieval Library
Undergraduate Thesis
PERANAN AUDIT PEMASARAN DALAM MENILAI EFEKTIVITAS DAN EFISIENSI BAGIAN PEMASARAN PADA PT. KLASEMAN PROBOLINGGO
Thesis Detail | |
---|---|
Author | VERONIKA CITRA TANJUNGSARI |
Student's ID (NPK) | A.2003.1.27982 (AKUNTANSI) |
Subject | PEMERIKSAAN MANAJEMEN |
Keyword | AUDIT PEMASARAN,EFEKTIFITAS DAN EFISIENSI, PEMASARAN |
Page(s) | 89 |
Submit Date | 18-04-2007 |
Lecture(s) |
Dra. RR. WIDANARNI PUDJIASTUTI Ak.,M.Si - - |
Download |
Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2
Abstract
Audit Pemasaran merupakan alat yang berguna untuk mengembangkanstrategi pemasaran di masa yang akan datang untuk menentukan komponen yangberpengaruh terhadap pemasaran dan dapat membantu manajemen dalampengambilan keputusan yang berhubungan dengan pemasaran perusahaan.Komponen yang berpengaruh terhadap pemasaran adalah lingkungan pemasaran,strategi pemasaran, organisasi pemasaran, sistem pemasaran, produktivitaspemasaran, dan fungsi pemasaran.Audit pemasaran dilakukan di PT. Klaseman yang bergerak di bidangperkayuan dengan tujuan ini untuk mengetahui peran audit pemasaran dalam menilaiefektivitas dan efisien bagian pemasaran. Faktor–faktor yang diteliti adalah:lingkungan pemasaran, strategi pemasaran, organisasi pemasaran, sistem pemasaran,produktivitas pemasaran, dan fungsi pemasaran. Sedangkan metode yang digunakanadalah metode kualitatif dan kuantitatif.Hasil audit pemasaran pada PT. Klaseman ditemukan bahwa strategipemasaran yang belum diterapkan dengan efektif; inefektivitas organisasi pemasarankarena terdapat perangkapan tugas dan tanggungjawab; produktivitas pemasaran yanginefisiensi dikarenakan terjadinya penurunan penjualan dari rencana serta adanyapeningkatan biaya. Untuk itu perusahaan sebaiknya memperhatikan kinerja bagianpemasaran dalam pembagian tugas dan tanggungjawab, mengevaluasi rencana yangtelah ditetapkan serta mempertahankan dan meningkatkan kualitas produk. Untukmengurangi dan mengatasi penyimpangan-penyimpangan dalam perusahaansebaiknya audit pemasaran dilakukan secara berkala dan tepat sasaran agarperusahaan dan kegiatan pemasaran berjalan efektif dan efisien.Kata kunci: audit pemasaran, efektivitas dan efisiensi bagian pemasaran.10.3.41.240