Date: 12-07-2025 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

PERANAN ANALISIS SWOT SEBAGAI DASAR PERENCANAAN PADA PT. PAL INDONESIA (PERSERO) UJUNG SURABAYA

Thesis Detail
Author ROSIDA IRAWATI SIREGAR
Student's ID (NPK) A.2002.1.27074 (AKUNTANSI)
Subject MANAJEMEN STRATEGI
Keyword ANALISIS SWOT,PERENCANAAN
Page(s) 147
Submit Date 18-04-2007
Lecture(s) MUNIROH SE, MM
-
-
Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

v“PERANAN ANALISIS SWOT SEBAGAI DASAR PERENCANAAN PADA PT. PAL INDONESIA (PERSERO)UJUNG SURABAYAAuthor: Rosida Irawati Siregar NPK: A.2002.1.27074Untuk dapat memanfaatkan peluang dan sekaligus mengurangi ancaman,maka perusahaan harus dapat meningkatan daya saing dan efisiensi perusahaan.Untuk mewujudkan hal tersebut, perusahaan harus melakukan perencanaan danpengendalian produksi yang mempertimbangkan faktor-faktor internal ataupuneksternal yang mempengaruhinya. Persaingan juga akan berpengaruh pada kegiatanpemasaran yang dilakukan perusahaan. Agar pemasaran yang dilakukan dapatmencapai tujuan, perusahaan harus menetapkan strategi pemasaran. Untukmenetapkan perencanaan produksi dan strategi pemasaran yang baik, manajemenperusahaan harus mempertimbangkan aspek internal dan eksternal perusahaan,dengan menggunakan alat bantu analisis SWOT.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui SWOT pada PT. PALIndonesia (Persero) Ujung Surabaya dan untuk membuat perencanaan produksi danstrategi pemasaran setelah mengetahui SWOT PT. PAL Indonesia (Persero) UjungSurabaya.Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian studi kasus yaitupenelitian yang mendalam tentang suatu aspek lingkungan sosial termasuk manusia didalamnya. Dalam hal ini penelitian studi kasus yang dilakukan difokuskan padaperanan analisis SWOT sebagai dasar perencanaan dan pengendalian produksi sertastrategi pemasaran. Peubah dalam penelitian ini adalah (1) Lingkungan Internalmeliputi aspek pemasaran, aspek keuangan dan Akuntansi, aspek produksi/operasi/teknik, aspek personalia, aspek organisasi. (2) Lingkungan eksernal meliputi: aspekekonomi, aspek sosial, budaya, demografi, dan lingkungan, aspek politik/pemerintahdan hukum, aspek teknologi, aspek persainganDari hasil analisis SWOT yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa: (1)Dari Matriks SPACE diketahui bahwa perusahaan berada dalam kelompok profilagresif, yaitu perusahaan cukup memiliki kekuatan financial dan memilikikeunggulan bersaing pada industri yang stabil dan sedang tumbuh. Strategi yang bisadigunakan adalah market penetration, market development, product development,horizontal integration, conglomerate diversification, concentric diversification,horizontal diversification atau combination. (2) Dari analisis Matriks Internal-Eksternal diketahui bahwa posisi perusahaan berada pada sel V yang artinya posisiinternal maupun eksternal adalah rata-rata/sedang. Strategi yang bisa digunakanadalah market penetration dan produk development. (3) Dari analisis QuantitativeStrategic Planning Matrixs (QSPM) yang dilakukan, maka strategi yangdirekomendasikan adalah market penetration, product development, market: development. Strategi yang lebih dapat memberikan kebaikan pada perusahaan adalahadalah market penetration.Implementasi Strategi dilakukan dengan cara: (1) produk meliputi menjagavariasi produk, tetap berfokus pada kelas handysize untuk produk kapal baik padakapal perang maupun kapal niaga, menjaga dan meningkatkan kualitas produkbertaraf internasional. (2) Harga meliputi memberikan harga yang bersaing dengantetap berdasarkan spec barang yang digunakan. (3) Promosi dilakukan denganmengikuti pameran baik di dalam maupun di luar negeri, mengefektifkan promosilewat internet, penggunaan tenaga penjualan untuk memberikan penerangan padakonsumen. (4) Saluran distribusi dilakukan dengan membentuk kantor pemasaranyang berfungsi sebagai saluran distribusi dan untuk meningkatkan pelaksanaanprogram pemasarannya. (5) Program pemasaran dilakukan dengan tetapmengupayakan penyempurnaan sistem dan prosedur kegiatan pemasaran di semualini, tetap melakukan riset pasar untuk mengetahui keinginan konsumen dan peluang<

 

10.3.41.240