OSREL stie-mce
Online Search and Retrieval Library
Undergraduate Thesis
ANALISIS KOMPONEN AUDIT PEMASARAN SEBAGAI DASAR PENILAIAN EFISIENSI, EFEKTIVITAS DAN EKONOMIS OPERASI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PADA PT. FLYING INDO MEGA JAKARTA
Thesis Detail | |
---|---|
Author | INTAN AYUNINGTYAS |
Student's ID (NPK) | A.2003.1.27702 (AKUNTANSI) |
Subject | PEMERIKSAAN MANAJEMEN |
Keyword | AUDIT PEMASARAN,EFISIENSI,EFEKTIVITAS,EKONOMIS |
Page(s) | 94 |
Submit Date | 18-04-2007 |
Lecture(s) |
Drs. SETIJO TJAHJONO Ak. MM - - |
Download |
Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2
Abstract
Penelitian ini didasarkan pada pentingnya pengawasan dan pemeriksaanterhadap operasional pemasaran agar aktivitas pemasaran dapat berjalan maksimal.Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana komponen audit pemasarandapat digunakan sebagai dasar penilaian efisiensi, efektivitas dan ekonomis operasipemasaran PT. Flying Indo Mega JakartaPemeriksaan pemasaran (dilakukan terhadap lingkungan pemasaran, strategipemasaran, organisasi pemasaran, sistem pemasaran, produktivitas pemasaran danfungsi pemasaran) dapat digunakan sebagai dasar penilaian efisiensi, efektivitas danekonomis operasi pemasaran PT. Flying Indomega Jakarta.Dari hasil pemeriksaan pemasaran dapat ditemukan bahwa: (1) Organisasipemasaran belum dapat berjalan dengan baik karena adanya tugas ganda dari direkturpemasaran sebagai pelaksana pemasaran dan pengelola sumber daya manusia(karyawan). (2) Aktivitas pemasaran masih difokuskan pada penyebaran brosur danpameran saja, sedangkan aktivitas promosi yang lain seperti personal selling belumdilakukan. (3) Operasional pemasaran belum efisien, efektif dan ekonomis karenapenggunaan biaya pemasaran belum tepat sasaran, sehingga belum dapatmeningkatkan laba.Hasil penelitian ini menemukan bahwa penilaian efisiensi, efektivitas danekonomis operasional pemasaran dapat dilakukan dengan melaksanakaanpeme-riksaan pemasaran secara berkala (pada periode tertentu) dan rutin sertaditetapkan dalam kebijakan manajemen perusahaan. Pelaksanaan pemeriksaanpemasaran sebaiknya dilakukan terhadap lingkungan pemasaran, strategi pemasaran,organisasi pemasaran, sistem pemasaran, produktivitas pemasaran dan fungsipemasaran.Berdasarkan hasil penelitian ini, perusahaan sebaiknya menambah bagianpersonalia yang bertugas untuk merencanakan dan mengelola sumber daya manusia(tenaga kerja) yang ada, menambahkan aktivitas pemasaran yaitu personal sellingdibawah tanggung jawab direktur pemasaran. Produktivitas pemasaran sebaiknyadiarahkan untuk meningkatkan penjualan dengan mengoptimalkan pengawasan danpengendalian yang lebih intensif. Kerjasama (keterlibatan) dari semua bagian diperusahaan ini hendaknya ditingkatkan, tidak hanya dalam penyusunan perencanaanpemasaran saja, tetapi dapat dilakukan setiap saat untuk mengumpulkan informasitentang pelanggan yang potensial.Kata Kunci: Audit Pemasaran, Efisiensi, Efektivitas, dan Ekonomis.10.3.41.240