Date: 12-07-2025 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

PENGARUH MOTIVASI INTERNAL TERHADAP PRESTASI KERJA KARYAWAN BANK BTPN CABANG MALANG

Thesis Detail
Author MEUTHIA SARI CYNTHIA PUTRI
Student's ID (NPK) K.2002.1.26851 (MANAJEMEN)
Subject PERILAKU KEORGANISASIAN
Keyword PENGARUH MOTIVASI INTERNAL
Page(s) 112
Submit Date 18-04-2007
Lecture(s) Dra. NURHAYATI M.Si
-
-
Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor-faktor motivasiyang terdiri keinginan untuk hidup/the desire to live, keinginan untuk suatu posisi/thedesire for position, keinginan akan kekuasaan/the desire for power dan keinginanakan pengakuan/the desire for recognation secara bersama-sama terhadap prestasikerja karyawan pada Bank BTPN Cabang Malang serta untuk mengetahui faktormotivasi yang mempunyai pengaruh dominan terhadap prestasi kerja karyawan BankBTPN Cabang Malang diantara keinginan untuk hidup/the desire to live, keinginanuntuk suatu posisi/the desire for position, keinginan akan kekuasaan/the desire forpower dan keinginan akan pengakuan/the desire for recognation.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan Bank BTPN CabangMalang sebanyak 41 karyawan. Melihat jumlah populasi yang tidak begitu besar (dibawah 100) maka semua anggota populasi digunakan dalam penelitian sehinggadisebut dengan penelitian populasi/sensus.Hasil pengujian hipotesis I diperoleh nilai F hitung sebesar 18,536 lebihbesar dari nilai F tabel 2,61 dan nilai Sig F 0,000 < 0,05 sehingga keputusannya Hoditolak dan Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa peubah bebas yangmeliputi Keinginan Untuk Hidup/The Desire to Live (X1), Keinginan Untuk SuatuPosisi/The Desire for Position (X2), Keinginan Akan Kekuasaan/The Desire forPower (X3) dan Keinginan Akan Pengakuan/The Desire for Recognation (X4) secarabersama-sama mempunyai pengaruh yang signifikan dengan peubah terikat PrestasiKerja Karyawan Bank BTPN Cabang Malang (Y). Nilai R square sebesar 0,673diartikan bahwa peubah-peubah Keinginan Untuk Hidup/The Desire to Live (X1),Keinginan Untuk Suatu Posisi/The Desire for Position (X2), Keinginan AkanKekuasaan/The Desire for Power (X3) dan Keinginan Akan Pengakuan/The Desirefor Recognation (X4) memberikan kontribusi terhadap peubah Prestasi KerjaKaryawan Bank BTPN Cabang Malang (Y) sebesar 67,3% dan sebesar 32,7%dipengaruhi oleh peubah-peubah lain yang tidak digunakan dalam penelitian. Dengankata lain bahwa hipotesis I terbukti.Hasil pengujian hipotesis II diperoleh nilai t hitung tiap-tiap peubah bebaslebih besar dari nilai t tabel dan nilai Sig t tiap-tiap peubah bebas di bawah 0,05sehingga tiap-tiap peubah bebas Keinginan Untuk Hidup/The Desire to Live (X1),Keinginan Untuk Suatu Posisi/The Desire for Position (X2), Keinginan AkanKekuasaan/The Desire for Power (X3) dan Keinginan Akan Pengakuan/The Desirefor Recognation (X4) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Prestasi KerjaKaryawan Bank BTPN Cabang Malang (Y). Berdasarkan besarnya nilai koefisienregresi diketahui jika peubah Keinginan Untuk Hidup/The Desire to Live (X1)mempunyai nilai koefisien regresi terbesar (0,363) diantara nilai koefisien regresipeubah bebas yang lain. Sehingga peubah Keinginan Untuk Hidup/The Desire toLive (X1) mempunyai pengaruh dominan terhadap Prestasi Kerja Karyawan BankBTPN Cabang Malang (Y). Dengan demikian hipotesis II terbukti.

 

10.3.41.240