Date: 12-07-2025 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

PENGARUH FAKTOR-FAKTOR PERILAKU KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN MENGGUNAKAN PRODUK LAYANAN FREN BY MOBILE 8

Thesis Detail
Author ABDULLAH BIN HUSIN
Student's ID (NPK) K.2002.1.27530 (MANAJEMEN)
Subject MANAJEMEN PEMASARAN
Keyword PERILAKU KONSUMEN,PRODUK LAYANAN
Page(s) 153
Submit Date 19-04-2007
Lecture(s) Dra. TITA BOEDI ASTUTI MM
-
-
Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor-faktor perilakukonsumen (kelas sosial, kelompok referensi, keluarga, motivasi, pengamatan danbelajar) secara simultan dan parsial terhadap keputusan menggunakan produk layananFren by Mobile 8.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa STIEMalangkuVeVwara Malang Jurusan Manajemen yang menggunakan Frenby Mobile 8 sebanyak 1.158 mahasiswa. Jumlah sampel ditentukan sebanyak 116responden dengan menggunakan teknik pengambilan sampel accidentally sampling.Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis regresi berganda.Hasil pengujian hipotesis I diketahui nilai F hitung (94,815) lebih besar darinilai F tabel (2,17). Di samping itu nilai Sig F yang dihasilkan (0,000) di bawahtingkat signifikan yang ditentukan sebesar 0,05 Sehingga keputusan yang diambiladalah menolak Ho dan menerima Ha. Hal ini berarti bahwa peubah-peubah KelasSosial (X1), Kelompok Referensi (X2), Keluarga (X3), Motivasi (X4),Pengamatan (X5) dan Belajar (X6) secara bersama-sama (simultan) mempunyaipengaruh yang signifikan terhadap Keputusan Menggunakan Produk Layanan Frenby Mobile 8 (Y). Nilai R Square hasil analisis sebesar 0,839 menunjukkan besarnyakontribusi peubah-peubah Kelas Sosial (X1), Kelompok Referensi (X2),Keluarga (X3), Motivasi (X4), Pengamatan (X5) dan Belajar (X6) terhadap KeputusanMenggunakan Produk Layanan Fren by Mobile 8 (Y) yaitu sebesar 83,9% dansisanya sebesar 16,1% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak terdapat dalampenelitian. Maka dapat disimpulkan bahwa peubah-peubah Kelas Sosial (X1),Kelompok Referensi (X2), Keluarga (X3), Motivasi (X4), Pengamatan (X5) danBelajar (X6) secara bersama-sama (simultan) mempunyai pengaruh yang signifikanterhadap Keputusan Menggunakan Produk Layanan Fren by Mobile 8 (Y). Sehinggahipotesis I dapat dibuktikan kebenarannya.Hasil pengujian hipotesis II diketahui besarnya nilai t hitung masing-masingpeubah bebas lebih besar dari nilai t tabel sehingga dapat diartikan bahwa peubahpeubahKelas Sosial (X1), Kelompok Referensi (X2), Keluarga (X3), Motivasi (X4),Pengamatan (X5) dan Belajar (X6) secara parsial mempunyai pengaruh yangsignifikan terhadap Keputusan Menggunakan Produk Layanan Fren by Mobile 8 (Y).Maka hipotesis II dapat dibuktikan kebenarannya. Diketahui juga jika peubahKelompok Referensi (X2) mempunyai pengaruh dominan terhadap KeputusanMenggunakan Produk Layanan Fren by Mobile 8 (Y) karena mempunyai nilaikoefisien regresi terbesar (0,232) dibandingkan nilai koefisien regresi peubah bebasyang lain.

 

10.3.41.240