OSREL stie-mce
Online Search and Retrieval Library
Undergraduate Thesis
PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN MEMBELI SEPEDA MOTOR HAPPY DI WLINGI TATA INDAH MOTOR
Thesis Detail | |
---|---|
Author | DIAS DWIPRASTOWO |
Student's ID (NPK) | K.2001.1.26024 (MANAJEMEN) |
Subject | MANAJEMEN PEMASARAN |
Keyword | BAURAN PEMASARAN,KEPUTUSAN KONSUMEN |
Page(s) | 120 |
Submit Date | 19-04-2007 |
Lecture(s) |
FETY HERMAWATI WERDYANINGTYAS SE, M.Si - - |
Download |
Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2
Abstract
Tujuan penelitian mengetahui pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusankonsumen membeli Sepeda Motor Happy dan untuk mengetahui peubah bauranpemasaran yang dominan pengaruhnya terhadap keputusan konsumen membeliSepeda Motor Happy.Permasalahan yang dihadapi Wlingi Tata Indah Motor adalah pesaing-pesaingmerek sepeda motor yang sudah lebih dulu hadir dipasaran dan dikenal masyarakat,seperti Honda, Suzuki, Kawasaki, Yamaha dan lain-lain.Sebagai populasi adalah konsumen yang membeli sepeda motor Happy danmelakukan service di Wlingi Tata Indah Motor sebanyak 45 orang dan diambil semuasebagai sampel penelitian. Metode analisis yang digunakan adalah analisis korelasiberganda, regresi berganda dengan uji signifikan F dan t.Hasil analisis menyebutkan bahwa produk, harga, promosi, tempat, karyawan,prosedur dan layanan pelanggan memiliki hubungan yang sangat erat dan signifikandengan keputusan konsumen membeli sepeda motor dengan koefisien korelasiberganda (R = 0,993) pada nilai F hitung = 369,033 lebih besar dari F tabel = 2,26pada probabilitas 0,000. Dengan demikian hipotesis I yang dikemukakan dapatditerima. Produk, harga, promosi, tempat, karyawan, prosedur dan layanan pelangganmemberikan sumbangan atau proporsi terhadap perubahan yang terjadi padakeputusan konsumen membeli sepeda motor sebesar 0,986 atau 98,6% dimanasisanya sebesar 1,4% dipengaruhi oleh peubah bebas lain yang tidak termasuk dalampenelitian ini. Produk memiliki pengaruh dominan terhadap keputusan pembeliankonsumen karena memiliki koefisien regresi terbesar (0,199) sehingga hipotesis IIyang dikemukakan dan diterima.Dalam rangka meningkatkan keputusan pembelian konsumen, maka aktivitasbauran pemasaran (produk, harga, promosi, tempat, karyawan, prosedur dan layananpelanggan) hendaknya ditingkatkan, misalnya meyakinkan kepada konsumen bahwakualitas Sepeda Motor Happy tinggi dan terjamin., membentuk kelompok penggunasepeda motor Happy dan melakukan test drive keliling kota Wlingi disertai denganpanggung hiburan dan pemberian hadiah, prosedur pembelian dipermudah (baiktunai maupun kredit), pemberian service gratis, menyediakan jumlah dan jenis sparepart yang lengkap untuk semua sepeda motor Happy.10.3.41.240