Date: 12-07-2025 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

PENGARUH PROMOTION MIX TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM MEMBELI SUZUKI SHOGUN 125 R DI DEALER SUZUKI MASTRIP BLITAR

Thesis Detail
Author ANGGUN TAUFAN SAPUTRA
Student's ID (NPK) K.2001.1.25984 (MANAJEMEN)
Subject MANAJEMEN PEMASARAN
Keyword PENGARUH PROMOTION MIX
Page(s) 101
Submit Date 19-04-2007
Lecture(s) RINA IRAWATI SE, MM
-
-
Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

Berbagai macam otomotif ditawarkan kepada konsumen dengan berbagaimacam pilihan dengan spesifikasi yang berbeda dengan menawarkan keunggulanmasing-masing. Hal itu akan mempengaruhi pengambilan keputusan pembelian olehcalon konsumen sehingga produsen otomotif harus berlomba-lomba menawarkanyang terbaik.Tujuan penelitian ini secara umum untuk mengetahui pengaruh promotionmix (periklanan, promosi penjualan, hubungan masyarakat dan penjualanperorangan) secara simultan dan parsial terhdap keputusan konsumen dalam membeliSuzuki Shogun 125 R pada dealer Suzuki Mastrip yang berada di Blitar.Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah korelasional,dengan populasinya pembeli produk Shogun dan sampel yang digunakan sebanyak50 responden dengan tehnik pengambilan sampelnya menggunakan randomsampling yang dilakukan pada tanggal 2 Oktober 2006 sampai dengan 14 Oktober2006.Hasil penelitian pada hipotesis pertama setelah diadakan pengujian terhadapseluruh variabel bebas yang terdiri atas variabel periklanan (X1), promosi penjualan(X2), hubungan masyarakat (X3) dan penjualan perorangan (X4), secara bersamasamamempunyai pengaruh yang bermakna terhadap keputusan menabung (Y)sebagai variabel terikat. Hal ini dapat ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi (R)sebesar 0,763 dan koefisien determinasi (R²) sebesar 0,581 dengan F hitung sebesar15,630 sedangkan F table sebesar 2,57 pada tingkat signifikan 5%. Berdasarkan haltersebut karena nilai F hitung lebih besar dari F table berarti terdapat hubungan danpengaruh yang kuat secara bersama-sama antara periklanan (X1), promosi penjualan(X2), hubungan masyarakat (X3) dan penjualan perorangan (X4), secara bersamasamamempunyai pengaruh yang bermakna terhadap keputusan pembelian (Y),sehingga keputusan yang diberikan untuk hipotesis Ha adalah diterima dan untukkeputusan Ho adalah ditolak.Sedangkan hasil pada uji hipotesis kedua menunjukkan bahwa keseluruhanvariabel bebas periklanan (X1), promosi penjualan (X2), hubungan masyarakat (X3)dan penjualan perorangan (X4), signifikan terhadap keputusan pembelian (Y),sehingga keputusannya adalah menolak Ho artinya secara partial mempunyaipengaruh terhadap keputusan pembelian.

 

10.3.41.240