OSREL stie-mce
Online Search and Retrieval Library
Undergraduate Thesis
PENGARUH FAKTOR-FAKTOR PERILAKU KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK PONSEL CDMA
Thesis Detail | |
---|---|
Author | REDHO CATUR PRAKASA |
Student's ID (NPK) | K.2001.1.26544 (MANAJEMEN) |
Subject | MANAJEMEN PEMASARAN |
Keyword | PERILAKU KONSUMEN |
Page(s) | 144 |
Submit Date | 19-04-2007 |
Lecture(s) |
Drs. ALWY AGUSNEY MM Drs. ANTON HARRY POERWADI MM - |
Download |
Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor-faktor perilakukonsumen (faktor kebudayaan, faktor sosial, faktor pribadi dan faktor psikologis)terhadap keputusan pembelian produk ponsel CDMA pada mahasiswa STIEMalangkuewara Malang serta untuk mengetahui faktor perilaku konsumen diantarafaktor kebudayaan, faktor sosial, faktor pribadi dan faktor psikologis yangmempunyai pengaruh dominan terhadap keputusan pembelian produk ponsel CDMApada mahasiswa STIE Malangkuewara Malang.Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa STIE MalangkuewaraMalang sebagai pengguna produk ponsel CDMA. Berdasarkan data yang diperolehdiketahui bahwa jumlah seluruh mahasiswa yang aktif pada STIE MalangkuVeVwaraMalang adalah sebanyak 3.387 mahasiswa. Melihat jumlah populasi yang terlalubesar maka sampel ditentukan sebanyak 201 responden. Teknik pengambilan sampelyang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Teknik analisis datayang digunakan untuk menguji hipotesis regresi berganda.Hasil pengujian hipotesis I diketahui nilai F hitung yang dihasilkan(129,718) lebih besar dari nilai F tabel (2,37) dan nilai Sig F yang dihasilkan (0,000)di bawah nilai signifikan 0,05 hal ini berarti peubah-peubah Faktor Kebudayaan (X1),Faktor Sosial (X2), Faktor Pribadi (X3), dan Faktor Psikologis (X4) secara bersamasama(simultan) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap peubah KeputusanPembelian (Y). Nilai R Square sebesar 0,726 menunjukkan bahwa FaktorKebudayaan (X1), Faktor Sosial (X2), Faktor Pribadi (X3), dan Faktor Psikologis (X4)secara bersama-sama mempengaruhi Keputusan Pembelian (Y) sebesar 72,6% dansisanya sebesar 27,4% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalampenelitian ini. Hasil uji t diketahui nilai t hitung masing-masing peubah bebas lebihbesar dari nilai t tabel dan nilai Sig t-nya di bawah nilai signifikan 0,05 dapatdiartikan peubah Faktor Kebudayaan (X1), Faktor Sosial (X2), Faktor Pribadi (X3),dan Faktor Psikologis (X4) secara parsial mempunyai pengaruh yang signifikanterhadap peubah Keputusan Pembelian (Y). Dapat disimpulkan bahwa peubah FaktorKebudayaan (X1), Faktor Sosial (X2), Faktor Pribadi (X3), dan Faktor Psikologis (X4)mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y) produkponsel CDMA pada mahasiswa STIE Malangkuewara Malang. Sehingga hipotesis Idapat dibuktikan kebenarannya.Hasil pengujian hipotesis II diketahui bahwa peubah Faktor Psikologis (X4)mempunyai nilai koefisien regresi terbesar (0,268) diantara nilai koefisien regresipeubah bebas yang lain. Sehingga diketahui bahwa peubah Faktor Psikologis (X4)mempunyai pengaruh paling dominan terhadap Keputusan Pembelian (Y). Dengandemikian hipotesis II dapat dibuktikan kebenarannya.10.3.41.240