Date: 20-06-2025 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

AUDIT PEMASARAN PRODUK FIXED WIRELINE (TELEPON TETAP) UNTUK MENCAPAI EFEKTIVITAS DAN EFISIENSI PADA PT. TELKOMUNIKASI INDONESIA, TBK. KANCATEL KEDIRI

Thesis Detail
Author INDRA PANJI KUSUMA
Student's ID (NPK) A.2003.1.28609 (AKUNTANSI)
Subject PEMERIKSAAN MANAJEMEN
Keyword AUDIT PEMASARAN,EFEKTIVITAS,EFISIENSI
Page(s) 126
Submit Date 19-04-2007
Lecture(s) Dra. RR. WIDANARNI PUDJIASTUTI Ak.,M.Si
-
-
Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

Kompetisi bisnis telekomunikasi kian ketat, sehingga setiap penyedia jasalayanan ini harus memperkuat brand-nya di masyarakat untuk meningkatkanpelanggannya, misalnya kemajuan yang terjadi di dunia seluler pada jaringan danfasilitas yang ditawarkan oleh sebuah perangkat seluler atau ponsel yang sedangberevolusi ke era 3G menuntut perkembangan dan antisipasi yang cepat pula yangharus dilakukan oleh setiap provider. PT Telekomunikasi Indonesia Tbk., yangselanjutnya disebut Telkom atau Perseroan, merupakan perusahaan informasi dankomunikasi (InfoCom) serta penyedia jasa dan jaringan telekomunikasi secaralengkap (full service and network provider) yang terbesar di Indonesia. SebagaiMarket Leader, tentunya sangat menarik apabila kita mengetahui efektivitas danefisiensi mereka untuk menjaga stabilitas posisi mereka. Fokus fungsi pemasarandipilih karena merupakan fungsi yang menarik jika dikaitkan dengan fenomena yangterjadi dalam PT Telekomunikasi Indonesia sebagai obyek penelitian, yaitu diKancatel Kediri. Disamping itu, dengan bermacam produk dan layanan yang dimilikiTelkom, peneliti hanya fokus terhadap kinerja pemasaran produk telepon tetap,mengingat gencarnya perkembangan dunia seluler yang sangat pesat dan sedangmemasuki generasi ketiga, sehingga memunculkan pertanyaan terhadapperkembangan telepon tetap yang sekarang dibarengi dengan munculnya produkalternative dari internal maupun eksternal dalam konsep yang lebih murah dan cepat,yaitu fixed-wireless.Penelitian ini mengevaluasi fungsi pemasaran dalam bentuk audit pemasaranuntuk tahun 2004, tahun 2005 dan tahun 2006, untuk menganalisis Efektivitas danEfisiensi Operasional dan Hasil Pemasaran Produk Telepon Tetap pada PT PT.TELEKOMUNIKASI INDONESIA,Tbk-Kancatel Kediri dan memberikanrekomendasi yang diperlukan. Jenis penelitian adalah studi kasus deskriptif kualitatifdan kuantitatif dengan metode pengumpulan data adalah studi pustaka dan studilapangan (observasi, dokumentasi dan wawancara).Dengan hasil penelitian dan bahasan yang ada, efektivitas dan efisiensi dalamruang lingkup area audit secara umum telah terlaksana, hanya saja penyetaraanperkembangan dan persepsi teknologi, serta peningkatan investasi yang sinergis perludilakukan, disamping konsisten terhadap kinerja yang positif sekarang.Kata Kunci : Audit Pemasaran, Efektivitas, Efisiensi

 

10.1.62.67