Date: 12-07-2025 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

EVALUASI SISTEM LAYANAN DAN STRATEGI PEMASARAN PADA PT SRIWIJAYA AIR DISTRICT MALANG

Thesis Detail
Author RATIH WULANSUCI DEWI
Student's ID (NPK) A.2002.1.27148 (AKUNTANSI)
Subject MANAJEMEN PEMASARAN
Keyword SISTEM LAYANAN, STRATEGI PEMASARAN
Page(s) 101
Submit Date 19-04-2007
Lecture(s) NAFIRON MUSFIQIN UDDIN SE, MM
-
-
Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

Perkembangan dunia usaha sekarang ini menjadi ajang persaingan yangsemakin tajam, kondisi usaha yang terus berkembang membawa kondisi perusahaanpada kondisi yang tidak menentu, kondisi tersebut dapat merupakan peluang atauancaman bagi perusahaan yang nantinya akan mengetahui kekuatan dan kelemahanyang dimiliki oleh perusahaan dan menganalisa lingkungan internal perusahaan yangnantinya akan mengetahui kekuatan dan kelemahan yang dihadapi oleh perusahaan.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan mengevaluasi sistemlayanan serta strategi pemasaran PT. Sriwijaya Air District Malang. Sedangkan jenispenelitian ini adalah studi kasus dengan variabel dan pengukuran penelitian melihatdari sistem layanan yang meliputi proses pembelian tiket, proses check in dan prosesboarding sedangkan strategi pemasaran meliputi sistem promosi, strategi harga,tempat reservasi dan pesaing. Dari hasil analisis dapat diinterpretasikan dandievaluasi bahwa dalam melakukan pelayanan terhadap pelanggan PT. Sriwijaya Airtelah mampu melaksanakan dengan baik hal ini terlihat dari hasil analisis tabelevaluasi sistem layanan yang diketahui bahwa untuk item tiketing terbanyakresponden menjawab mudah untuk mendapatkan tiket Sriwijaya Air, pelayanankaryawan dalam memperoleh tiket sudah baik dan cara mendapatkan pelanggan telahmenggunakan jasa agen yang ada pada perusahaan. Dari item proses reservasimenjawab mudah dan untuk tempat reservasi mayoritas responden menjawab baikserta tentang keramahan karyawan saat reservasi sebagian responden menjawabramah. Dari item proses check in yang ada pada Sriwijaya Air cukup baik dan untukkenyamanan ruang check in sudah memadai, serta untuk keramahan karyawan selamaproses check in jawaban responden mengatakan ramah. Untuk item proses boardingruang tunggu memadai, sedangkan untuk kenyamanan fasilitas mayoritas respondenmenyatakan nyaman, serta proses boarding yang teratur dengan baik.Dari hasil analisis perbandingan yang ada dapat diketahui bahwaPT. Sriwijaya Air lebih diunggulkan dalam persaingan jasa penerbangan untukdistrict kota Malang. Hal ini terlihat dari 6 (enam) item yang dijadikan bahanperbandingan PT. Sriwijaya Air lebih banyak unggul dari pesaingnya. Diantara itemtersebut antara lain jumlah jam flight Sriwijaya Air dalam 1 (satu) hari 2 (dua) kaliflight sedangkan Mandala Air hanya 1 (satu) kali, dari jumlah armada yang beroperasiSriwijaya Air lebih banyak armadanya dibandingkan dengan Mandala Air dan darijumlah kapasitas seat yang ada Sriwijaya kembali lebih unggul dari pesaingnya.Kesimpulan dari penelitian ini bahwa perusahaan jasa penerbangan Sriwijaya Airdistrict Malang telah mampu melaksanakan sistem pelayanan dengan baik danmampu unggul dalam strategi pemasaran untuk jasa penerbangan di wilayah KotaMalang.

 

10.3.41.240