Date: 12-07-2025 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP STRES KULIAH

Thesis Detail
Author MAFTUCHAH
Student's ID (NPK) K.2002.1.26870 (MANAJEMEN)
Subject PERILAKU KEORGANISASIAN
Keyword PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL
Page(s) 113
Submit Date 23-04-2007
Lecture(s) Dra. SHERLY HESTI ERAWATI MM
-
-
Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

Masyarakat pada jaman sekarang sudah mulai menyadari betapapentingnya peranan kecerdasan emosional, disamping kecerdasan inteligensi.Penelitian ini bertujuan menganalisa apakah kecerdasan emosional, yang terdiridari lima komponen, yaitu pengenalan diri, pengendalian diri, motivasi, empati,dan keterampilan sosial mempengaruhi stres kuliah, dengan obyek penelitianadalah mahasiswa jurusan manajemen STIE Malangkuçeçwara Malang. Penelitianini merupakan penelitian asosiatif, dengan pendekatan kuantitatif. Tujuan daripenelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variabel kecerdasan emosionalyang meliputi pengenalan diri, pengendalian diri, motivasi, empati, danketerampilan sosial terhadap stres kuliah, baik secara simultan maupun parsial.Dalam penelitian ini diajukan dua hipotesis. Yang pertama adalahpengaruh kecerdasan emosional secara simultan terhadap stres kuliah. Hipotesisyang kedua adalah pengaruh komponen kecerdasan emosional yang terdiri daripengenalan diri, pengendalian diri, motivasi, empati, dan keterampilan sosial,secara parsial terhadap stres kuliah. Populasi penelitian ini adalah keseluruhanjumlah mahasiswa jurusan manajemen STIE Malangkuçeçwara Malang, yangmasih aktif sebagai mahasiswa. Dari data yang diperoleh per 3 Oktober 2006jumlah mahasiswa jurusan manajemen STIE Malangkuçeçwara Malang adalah1384 mahasiswa. Karena jumlah populasi yang besar, maka diambil sampel ±10%dari jumlah populasi, dan ditentukan pengambilan sampel dengan metodepurposive sampling, kemudian diseleksi lagi dengan teknik aksidental sampling.Alat analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda.Melalui uji F dan uji t diketahui bahwa secara simultan kecerdasanemosional berpengaruh signifikan terhadap stres kuliah, dan secara parsial empatvariabel kecerdasan emosional, yaitu pengenalan diri, pengendalian diri, empati,dan keterampilan sosial berpengaruh signifikan terhadap stres kuliah, sedangkanvariabel motivasi tidak berpengaruh signifikan terhadap stres kuliah. Hasilpenelitian menunjukkan bahwa komponen kecerdasan emosional memilikiperanan yang penting dalam mengatasi stres kuliah, oleh karena itu setiapmahasiswa hendaknya meningkatkan kecerdasan emosional pada diri masingmasing.

 

10.3.41.240