OSREL stie-mce
Online Search and Retrieval Library
Undergraduate Thesis
ANALISIS SWOT UNTUK MENETAPKAN STRATEGI PEMASARAN YANG EFEKTIF GUNA MEMPERTAHANKAN VOLUME PENJUALAN DALAM KEADAAN EKSISTENSI PERSAINGAN
Thesis Detail | |
---|---|
Author | ELDIAN ARIENDRA |
Student's ID (NPK) | K.991.23641 (MANAJEMEN) |
Subject | MANAJEMEN PEMASARAN |
Keyword | ANALISIS SWOT,VOLUME PENJUALAN |
Page(s) | 98 |
Submit Date | 23-04-2007 |
Lecture(s) |
Drs. SULIKIN AMMINUDIN UMAR - - |
Download |
Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2
Abstract
Rencana strategi pemasaran merupakan serangkaian proses yang sistematisuntuk menentukan tujuan dan sasaran yang hendak dicapai dalam pemasaran.Penerapan rencana strategi pemasaran sangat dibutuhkan untuk mencapai realisasipemasaran, karena tingkat pemasaran tidak saja dipengaruhi oleh faktor-faktor diluarkendali, seperti kekuatan demografi dan ekonomi.Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus dan memakai metodedeskriptif. Penelitian studi kasus adalah suatu penelitian yang menggambarkankejadian atau masalah yang menggerakkan hati untuk mengkonsentrasikan diri dalammempelajari keseluruhan elemen-elemen yang menjadi penyebab timbulnya suatumasalah, kemudian diusahakan untuk mencari jalan keluar sebagai cara pemecahanmasalah. Metode pengumpulan data yang dipergunakan adalah interview, observasi,dokumentasi. Sedangkan metode analisis yang digunakan antara lain analisis SWOT,analisis ETOP, analisis SAP. Pendekatan yang digunakan analisi SWOT,memanfaatkan data–data baik dari lingkungan eksternal makro dan mikro sertalingkungan internal perusahaan dan menghasilkan 2,4 pada analisis ETOP, artinyapeluang bagi PT. Indomarine Divisi Boiler Singosari ternyata lebih kecildibandingkan ancaman yang ada dan skor 2,9 pada analisis SAP yang menunjukanbahwa sebenarnya perusahaan cukup tangguh , sebab kekuatan yang dimiliki ternyatalebih besar dibandingkan kelemahannya. Sehingga secara strategi posisi perusahaanberada pada stabilitas atau pertumbuhan . Strategi SO adalah meningkatkan produksidan aktivitas pemasaran. Strategi WO adalah mengembangkan net work denganlembaga lain untuk memperbaiki fungsi–fungsi perusahaan yang kurang . Strategi STadalah melakukan pembenahan dengan integrasi vertikal kedepan. Strategi WT adalahmeningkatkan efektivitas dan melakukan efesiensi.Setelah mempertimbangkan hasil analisis SWOT maka berhasildiformulasikan bahwa PT. Indomarine Divisi Boiler Singosari berada pada posisiyang cukup kuat dan strategi yang lebih adalah Strategi Pertumbuhan (ekspansi)internal . Langkah–langkah yang dapat ditempuh adalah memperbesar kapasitasproduksi serta memperluas daerah pemasaran dengan menambah segmentasikonsumen pasar bebas.10.3.41.240