Date: 12-07-2025 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN DALAM MELAKUKAN PEMBELIAN PADA SWALAYAN AZZA MART MALANG

Thesis Detail
Author NENENG ERNA WIJAYANTI
Student's ID (NPK) K.2002.1.27221 (MANAJEMEN)
Subject MANAJEMEN PEMASARAN
Keyword PERILAKU KONSUMEN,KEPUTUSAN,PEMBELIAN
Page(s) 133
Submit Date 23-04-2007
Lecture(s) RINA IRAWATI SE, MM
-
-
Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

Kehadiran pasaraya dan swalayan pada saat ini selain sebagai sarana berbelanjauntuk memenuhi kebutuhan masyarakat, juga berfungsi sebagai tempat untukmenghilangkan kejenuhan akibat kesibukan masyarakat sehari-hari. Seperti dikota-kota besar lainnya, pada saat ini Kota Malang telah banyak berdiri pasarayadan swalayan sebagai tempat berbelanja dan tempat hiburan yang megah, elit, danmodern yang menyediakan berbagai fasilitas pelayanan yang menarik sebagaipenunjang kelancaran konsumen dalam menikmatinya. Azzamart Malangmerupakan salah satu perusahaan retail di kota Malang. Agar dapat berhasil dalamkegiatan pemasaran yang dilakukan maka perusahaan perlu memperhatikan danmemahami perilaku konsumen terutama konsumen yang ada dalam pasarsasarannya. Hal ini agar pihak perusahaan dapat menetapkan kebijakan pemasarandengan tepat, guna menunjang keberhasilan kegiatan pemasaran perusahaan.Dengan kata lain untuk dapat mempengaruhi keputusan pembelian konsumen,maka pihak pemasar harus dapat mengetahui dan memahami apa yang menjadikebutuhan dan keinginan konsumen.Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh secara simultanantara faktor-faktor perilaku konsumen terhadap keputusan pembelian padaAzzamart Malang dan untuk mengetahui pengaruh secara parsial antara faktorfaktorperilaku konsumen terhadap keputusan pembelian pada Azzamart Malang.Jumlah sampel penelitian sebanyak 75 orang konsumen Swalayan AzzaMart Malang . Teknik pengambilan sampel adalah accidental sampling, yaitusampel yang diperoleh dengan cara kebetulan, yaitu siapa saja yang kebetulandijumpai peneliti dapat dijadikan sampel bila dipandang orang tersebut cocoksebagai sumber dataBerdasarkan hasil pengujian hipotesis pertama yang menyatakan bahwapeubah bebas yang terdiri atas faktor Kebudayaan (X1), Sosial (X2), Pribadi (X3),dan Psikologis (X4) secara simultan mempunyai pengaruh signifikan terhadappengambilan keputusan untuk membeli di Swalayan Azza Mart Malang (Y),karena nilai F hitung 29,677 lebih besar dari F tabel 2,53 pada tingkat signifikan5%, Berdasarkan hasil perhitungan yang terlihat pada tabel 15, menunjukkannilai koefisien korelasi (R) sebesar 0,793 dan determinasi berganda (R²) sebesar0,629 dengan F hitung sebesar 29,677 sedangkan F tabel sebesar 2,53 padatingkat signifikan 5%,Berdasarkan hasil pengujian hipotesis kedua yang menyatakan bahwafaktor Kebudayaan (X1), Sosial (X2), Pribadi (X3), dan Psikologis (X4), hasilperhitungan menunjukkan t hitung faktor kebudayaan (X1) sebesar 2,982, sosial(X2) sebesar 6,525, pribadi (X3) sebesar 3,774, faktor psikologis (X4) sebesar6,512 lebih besar dari t tabel sebesar 1,671 maka keputusan terhadap Ho ditolakdan Ha diterima artinya hipotesis yang menyatakan bahwa peubah bebas secaraindividu mempunyai pengaruh signifikan terhadap variabel terikat dapatditerima. Dari hasil perhitungan bahwa faktor psikologis (X4) mempunyai nilaikoefisien regresi paling tinggi yaitu sebesar 0,206.

 

10.3.41.240