OSREL stie-mce
Online Search and Retrieval Library
Undergraduate Thesis
PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA PT. KARTIKA CANDRA GLORY SEMESTA
Thesis Detail | |
---|---|
Author | FANDY TAUFAN PRAKESWARA |
Student's ID (NPK) | K.2002.1.27408 (MANAJEMEN) |
Subject | MANAJEMEN PEMASARAN |
Keyword | PENGARUH BAURAN, VOLUME PENJUALAN |
Page(s) | 122 |
Submit Date | 24-04-2007 |
Lecture(s) |
Drs. IMAM SUYADI M.Si - - |
Download |
Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian yang menguji pengaruh bauranpemasaran terhadap volume penjualan. Tujuan yang ingin dicapai adalah untukmengetahui pengaruh pelaksanaan marketing mix yang dilaksanakan perusahaanterhadap peningkatan penjualan, dan untuk mengetahui faktor yang palingberpengaruh terhadap peningkatan penjualan.Advertising yang dijalankan oleh perusahaan merupakan salah satu faktoratau alat dari upaya perusahaan untuk mengadakan komunikasi denganmasyarakat tentang produk yang dihasilkan, karena dengan komunikasi tersebutmaka akan diketahui kegunaan dan manfaat dari produk tersebut.Pelaksanaan penelitian tentang pengaruh marketing mix terhadappeningkatan volume penjualan menggunakan metode statistik yaitu pendekatanregresi, pendekatan least square dan analisis growth mean.Hasil penelitian menunjukkan bahwa biaya marketing mix perusahaanmenurun hanya pada harga yang mengalami peningkatan, dimana factormarketing mix mencakup produk, distribusi, promosi dan harga. Penurunan biayamarketing mix tersebut berpengaruh pada perolehan pendapatan perusahaan,dimana sejak tahun 2004 tingkat pendapatan turun drastis.Untuk meningkatkan kembali perolehan pendapatan tersebut makaperusahaan perlu merencanakan biaya marketing mix dengan seksama, denganmetode trend biaya produk direncanakan Rp 276.443.790,35 semester 1 dan Rp272.322.663,87 semester 2, dan biaya saluran distribusi Rp 86.194.363,36semester 1 serta Rp 83.946.494,24 semester 2, selanjutnya biaya promosi sebesarRp 17.916.661,43 pada semester 1 dan Rp 18.141.240,62 pada semester 2selanjutnya harga jual yang diterapkan sebesar Rp 219.988.34 semester 1 dan Rp224.998,79 pada semester 2. nilai regresi linier berganda sebesar 257,437 (X1),1,588(X2), 0,231 (X3) dan 0,075 (X4), apabila hasil trend tersebut dikaitkandengan ramalan penjualan tahun 2006 dengan menggunakan persamaan regresimaka diperoleh hasil Rp 453.731.160,3 untuk semester 1 dan Rp 451.193.510,9untuk semester 2.Dari hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan marketingmix memiliki hubungan yang kuat terhadap peningkatan volume penjualan danmenempatkan saluran distribusi memiliki pengaruh yang paling kuat danmembuktikan bahwa marketing mix merupakan factor yang sangat penting untukdiperhatikan.10.3.41.240