Date: 12-07-2025 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN DALAM KEPUTUSAN MEMBELI PRODUK TABUNGAN MANDIRI

Thesis Detail
Author ALDY KURNIA SULISTYO
Student's ID (NPK) K.2001.1.26246 (MANAJEMEN)
Subject MANAJEMEN PEMASARAN
Keyword PERILAKU KONSUMEN
Page(s) 129
Submit Date 24-04-2007
Lecture(s) Drs. EKO SUDJAWOTO MM
-
-
Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

Penelitian dengan judul “Analisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi PerilakuKonsumen Dalam Keputusan Membeli Produk Tabungan Mandiri”, ini bertujuanuntuk mengetahui apakah ada pengaruh secara simultan antara faktor-faktor yangmempengaruhi perilaku konsumen terhadap keputusan pembelian serta untukmengetahui apakah ada pengaruh secara parsial antara faktor yang mempengaruhiperilaku konsumen terhadap keputusan membuka rekening tabungan pada PT. BankMandiri (Persero) Tbk Cabang Malang.Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian hipotesa tersebut sebanyak44 orang dan yang ditunjuk sebagai responden adalah para pengunjung yang sedangbertransaksi di PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk Cabang Malang.Validitas data dan reliabilitas data diuji untuk menunjang penelitian,selanjutnya item-item dari variabel bebas (independent) dan variabel terikat(dependent) yang tertuang dalam daftar pertanyaan (kuesioner) yang telah disebarkepada para responden, diuji keandalannya melalui program SPSS 11.5 for Windows.Berdasarka uji validitas dan uji reliabilitas menunjukkan seluruh koefisien korelasimelebihi nilai kritis. Hasil ini menunjukkan bahwa data yang terkumpul cukup validdan reliabel sehingga dapat digunakan dalam pengujian hipotesa.Hasil-hasil penelitian, pada hipotesis pertama setelah diadakan pengujianterhadap seluruh variabel bebas yang terdiri atas variabel kelas sosial (X1), kelompokreferensi (X2), keluarga (X3), kepribadian (X4), persepsi (X5), dan motivasi (X6)secara bersama-sama mempunyai pengaruh terhadap keputusan membuka rekeningtabungan (Y) sebagai variabel terikat. Hal ini dapat ditunjukkan dengan nilaikoefisien korelasi (R) sebesar 0,777 dan tingkat signifikan 0,000 artinya bahwa77,7% keputusan pembelian dipengaruhi oleh variabel X1, X2, X3, X4, X5, dan X6sedangkan sisanya sebesar 23,3% dipengaruhi oleh variabel lain.Sedangkan pada hipotesis kedua dengan ditolaknya Ho dapat disimpulkanbahwa variabel kelompok referensi (X2) nmempunyai pengaruh yang dominanterhadap keputusan membuka rekening tabungan (Y), dengan signifikansi 0,000artinya bahwa peubah kelompok referensi sangat diperhatikan oleh PT. Bank Mandiri(Persero) Tbk Cabang Malang untuk meningkatkan keputusan membuka rekeningtabungan.

 

10.3.41.240