OSREL stie-mce
Online Search and Retrieval Library
Undergraduate Thesis
ANALISIS PENGARUH MARKETING MIX SEBAGAI UPAYA UNTUK MEMPERTAHANKAN LOYALITAS NASABAH
Thesis Detail | |
---|---|
Author | WENNY PERDANASARI |
Student's ID (NPK) | K.2002.1.27169 (MANAJEMEN) |
Subject | MANAJEMEN PEMASARAN |
Keyword | PENGARUH MARKETING MIX |
Page(s) | 106 |
Submit Date | 24-04-2007 |
Lecture(s) |
IRAWAN BUDI PRASETYO SE, MM - - |
Download |
Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2
Abstract
Penelitian ini didasarkan pada tingginya persaingan antar bank termasuk bankpasar, sehingga diperlukan pemahaman tentang aktivitas pemasaran (marketing mix)yang bertujuan untuk mempengaruhi nasabah agar tetap loyal.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh marketing mix(product, price, promotion, place, people, process dan customer service) secarabersama-sama terhadap loyalitas nasabah dan untuk mengetahui pengaruh marketingmix (product, price, promotion, place, people, process dan customer service) secaraparsial terhadap loyalitas nasabah.Populasi yang dalam penelitian ini adalah nasabah Bank Pasar Tri Karya, baiknasabah tabungan maupun nasabah kredit sebanyak 1.479 orang dan diambil 94 orangsebagai sampel penelitian. Alat analisis yang digunakan adalah analisis regresiberganda dengan uji signifikan F dan t.Hipotesis I yang dikemukakan diterima karena F hitung = 1361,225 lebih besardari F tabel (a=0,05; df = 85) sebesar 2,12. Hal ini berarti product (X1), price (X2),promotion (X3), place (X4), people (X5), process (X6) dan customer service (X7)secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah (Y).Sumbangan semua peubah bebas terhadap peubah terikat sebesar 0,991 atau 99,1%dimana sisanya sebesar 0,9% dipengaruhi oleh peubah bebas lain yang tidak diikutkandalam penelitian ini. Artinya 99,1% perubahan yang terjadi pada loyalitas nasabahdapat dijelaskan oleh X1-X7, sedangkan 0,9% dijelaskan oleh faktor lain.Hipotesis II yang diajukan diterima, karena masing-masing thitung-nya lebihbesar dari ttabel. Ini berarti, product (X1), price (X2), promotion (X3), place (X4), people(X5), process (X6) dan customer service (X7) secara parsial memiliki pengaruhsignifikan terhadap loyalitas nasabah (Y). Dari hasil analisis juga dapat diketahuibahwa peubah product (X1) memiliki pengaruh dominan terhadap loyalitas nasabah (Y)karena memiliki koefisien regresi yang terbesar yaitu 0,195 jika dibandingkan denganpeubah bebas yang lain.Berkaitan dengan hasil analisis ini, pimpinan bank hendaknya meningkatkanaktivitas bauran pemasaran jasa (product, price, promotion, place, people, process dancustomer service dalam upaya mempertahankan loyalitas nasabah. Jenis tabunganditambah fasilitasnya, misalnya tabungan dapat dijadikan jaminan untuk mengambilkredit. Hendaknya kualitas karyawan, kecepatan dan ketepatan dalam process(prosedur), keamanan dan kenyamanan tempat lebih tingkatkan.10.3.41.240