Date: 12-07-2025 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

ANALISIS TERHADAP SIKLUS PENJUALAN TUNAI DAN PENERIMAAN KAS UNTUK MENILAI EFEKTIVITAS STRUKTUR PENGENDALIAN INTERN PADA PT. KERETA API INDONESIA (PT. KAI) DAOP VIII SURABAYA

Thesis Detail
Author AJI SUZANTI YANUARTHA
Student's ID (NPK) A.2003.1.28353 (AKUNTANSI)
Subject AUDIT
Keyword SIKLUS PENJUALAN TUNAI DAN PENERIMAAN KAS
Page(s) 96
Submit Date 24-04-2007
Lecture(s) Dra. WIYARNI Ak., Ms.Pa.
-
-
Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

PT. Kereta Api Indonesia (PT. KAI) merupakan perusahaan yang bergerakdalam bidang jasa. Dalam menjalankan aktifitas siklus penjualan tunai danpenerimaan kas, Bagian Keuangan sering menemukan adanya kecurangan yangdilakukan oleh personil yang terkait dengan siklus penjualan tunai dan penerimaankas. Maka dari itu, PT. Kereta Api Indonesia menarik untuk diteliti sehinggadapat menilai perusahaan ini telah memiliki pengendalian internal yang kuat ataulemah dan mengidentifikasi kekurangan pengendalian internal yang telah diterapkanserta memberikan masukan untuk perbaikan pengendalian internal untukmenghasilkan pengendalian intern yang kuat. Penelitian ini juga diharapkan dapatmembantu pimpinan untuk lebih mengenali kondisi usaha yang dikelolanya besertakekurangannya, sehingga Pimpinan dapat lebih mampu untuk mengendalikanusahanya dengan baik.Tujuan penelitian ini adalah Untuk memperbaiki metoda penilaian efektifitasStruktur Pengendalian Intern yang diterapkan oleh PT. Kereta Api Indonesia danuntuk memperbaiki dan menganalisis siklus penjualan tunai dan penerimaan kasdalam menilai efektifitas Struktur Pengendalian Intern perusahaan.Alat analisis yang digunakan Metode analisa data yang akan digunakan untukmeneliti siklus penjualan tunai dan penerimaan kas PT. Kereta Api Indonesia (PT.KAI) adalah metodologi kualitatif yang melakukan pemahaman secara mendalamterhadap suatu masalah, mengkaji masalah secara kasus dan menguraikan masalahmenurut ketentuan dan kenyataan yang ada melalui pemikiran pengamatan terhadapfakta secara alami dimana objek analitis bersifat kualitas bukan berupa angka-angka.Dari hasil penelitian dapat dilihat bahwa bardasarkan data yang didapatkanmaka dapat diketahui bahwa dalam penjualan tiket ekonomi terdapat kelemahan padafaktur tiket. Tiket tidak mempunyai rekapitulasinya. Sedangkan untuk penjualan tiketkelas bisnis dan eksklusif terdapat kelemahan pada jumlah fakturnya karena hanyaterdiri dari 2 faktur.Untuk sistem pengendalian tiket kereta api kelas ekonomi belum efektif dimanasering terjadi bentuk penyelewengan yaitu membayar tiket diatas kereta. Untuk kelaseknomi penjualan tiket tidak terbatas pada jumlah kursi yang disediakan, jikapenumpang mau maka diijinkan untuk berdiri dengan harga tiket yang sama.Sedangkan untuk sistem pengendalian tiket kelas bisnis dan eksekutif sudah cukupefektif dimana jumlah tiket yang harus dijual sesuai dengan jumlah kursi yangtersedia.

 

10.3.41.240