Date: 12-07-2025 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PERILAKU KONSUMEN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DALAM PENYEWAAN KAMAR PADA HOTEL SANUR INDAH DI DENPASAR – BALI

Thesis Detail
Author KIKY SIANITA
Student's ID (NPK) K.2002.1.27115 (MANAJEMEN)
Subject MANAJEMEN PEMASARAN
Keyword PERILAKU DAN KEPUASAN KONSUMEN
Page(s) 103
Submit Date 24-04-2007
Lecture(s) Drs. MOHAMAD SODIK LATIEF
Drs. ANTON HARRY POERWADI MM
-
Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

Bali merupakan salah satu wilayah Indonesia yang memiliki berbagaifasilitas dan tempat berlibur yang sudah sangat terkenal baik di Indonesiamaupun di manca Negara. Berbagai jenis hotel, mulai dari yang melati hinggayang berbintang, bungalow, cottages, dan sebagainya cukup tersedia di Bali.Karena banyaknya hotel dan sejenisnya di Bali, maka persaingan tidak dapatdihindarkan lagi, sehingga membutuhkan aktiftas pemasaran yang tepat agardapat menarik konsumen untuk menginap di hotel.Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mengetahui pengaruh perilakukonsumen yang meliputi: kebudayaan, sosial, pribadi, dan psikologis terhadaptingkat kepuasan konsumen.Berdasarkan hasil analisis dapat diketahui bahwa kebudayaan (X1), faktorsosial (X2), faktor pribadi (X3), dan faktor psikologis (X4) mempunyaipengaruh yang bermakna terhadap tingkat kepuasan pelanggan (Y) dalampenyewaan kamar pada Hotel Sanur Indah di Denpasar – Bali. Hal ini dapatdilihat dari besarnya koefisien korelasi berganda (R) = 0,975 dengan F hitung= 215,887 adalah lebih besar dari F tabel = 2,61. Karena F hitung lebih besardari F tabel, maka menghasilkan keputusan terhadap Ho ditolak dan Haditerima, sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis I yang menyatakanbahwa faktor kebudayaan (X1), faktor kelas sosial (X2), faktor pribadi (X3),dan faktor psikologis (X4) mempunyai pengaruh yang bermakna terhadaptingkat kepuasan pelanggan dapat dibuktikan kebenarannya.Diantara peubah-peubah bebas, peubah faktor psikologis (X4) memilikipengaruh yang paling dominan terhadap peubah tingkat kepuasan pelanggan(Y), hal ini dapat dilihat dari besarnya koefisien regresi peubah faktorpsikologis (X4) adalah paling besar diantara peubah bebas yang lain = 0,330.Dengan demikian hipotesis II yang menyatakan bahwa diduga peubahpsikologis (X4) memiliki pengaruh dominan terhadap tingkat kepuasanpelanggan (Y) dapat diterima.Berkaitan dengan hasil tersebut, pengelola hotel hendaknya dalammengambil kebijaksanaan pemasaran selalu mempertimbangkan perubahanperilaku konsumen, sehingga jasa yang ditawarkan dapat memenuhi keinginandan kebutuhan konsumen. Hal ini dapat dilakukan dengan memberikankemudahan bagi para tamu yang ingin berlibur ke tempat rekreasi sekitar HotelSanur Indah di Denpasar – Bali dan dapat bekerja sama dengan travel agensetempat. Untk membentuk persepsi/gambaran konsumen yang baik tentangHotel Sanur Indah, maka kualitas pelayanan perlu mendapat perhatian yanglebih.

 

10.3.41.240