OSREL stie-mce
Online Search and Retrieval Library
Undergraduate Thesis
FAKTOR-FAKTOR PERILAKU KONSUMEN YANG BERPENGARUH TERHADAP KEPUTUSAN UNTUK MEMBELI MOTOR AUTOMATIC (STUDI PADA MAHASISWA STIE MALANGKUVEVWARA MALANG)
Thesis Detail | |
---|---|
Author | ADI WINOTO |
Student's ID (NPK) | K.2002.1.27609 (MANAJEMEN) |
Subject | MANAJEMEN PEMASARAN |
Keyword | PERILAKU KONSUMEN,KEPUTUSAN MEMBELI |
Page(s) | 134 |
Submit Date | 25-04-2007 |
Lecture(s) |
Drs. SUPRIYANTO MM - - |
Download |
Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara simultan faktorfaktorbudaya, sosial, pribadi dan psikologis terhadap keputusan pembelian motorautomatic serta untuk mengetahui faktor apa yang mempunyai pengaruh palingdominan diantara faktor-faktor budaya, sosial, pribadi dan psikologis terhadapkeputusan pembelian motor automatic.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa STIEMalangkuçeçwara Malang yang menggunakan motor automatic. Jumlah sampelditetapkan sebanyak 75 responden dengan teknik pengambilan sampel yangdigunakan adalah accidental sampling. Teknik analisis data yang digunakan untukmenguji hipotesis adalah regresi berganda.Hasil pengujian hipotesis I diperoleh nilai F hitung sebesar 54,004 lebihbesar nilai F tabel sebesar 2,53. Hal ini berarti bahwa peubah-peubah FaktorBudaya (X1), Faktor Sosial (X2), Faktor Pribadi (X3) dan Faktor Psikologis (X4)secara bersama-sama (simultan) mempunyai pengaruh yang bermakna terhadapKeputusan Pembelian Motor Automatic (Y). Nilai R square sebesar 0,755menunjukkan bahwa peubah-peubah bebas (faktor budaya, faktor sosial, faktorpribadi dan faktor psikologis) memberi kontribusi terhadap peubah terikat(Keputusan Pembelian Motor Automatic) sebesar 75,5%, sedangkan sisanya sebesar24,5% dipengaruhi oleh peubah lain yang tidak diteliti. Maka dapat disimpulkanbahwa peubah-peubah Faktor Budaya (X1), Faktor Sosial (X2), Faktor Pribadi (X3)dan Faktor Psikologis (X4) secara simultan (bersama-sama) terbukti mempunyaipengaruh terhadap Keputusan Pembelian Motor Automatic (Y) atau dapat dikatakanjika hipotesis I dapat diterima (terbukti).Hasil pengujian hipotesis II diketahui jika nilai t hitung masing-masingpeubah bebas lebih besar dari t tabel dan nilai Sig t masing-masing peubah bebas dibawah nilai signifikan 0,05 sehingga dapat diartikan jika masing-masing peubahbebas berupa Faktor Budaya (X1), Faktor Sosial (X2), Faktor Pribadi (X3) dan FaktorPsikologis (X4) mempunyai pengaruh signifikan terhadap peubah terikat berupaKeputusan Pembelian Motor Automatic (Y) Diketahui juga jika peubah FaktorPsikologis (X4) mempunyai nilai koefisien regresi terbesar (0,289) dibandingkan nilaikoefisien regresi peubah bebas yang lain. Maka berarti peubah Faktor Psikologis (X4)mempunyai pengaruh dominan terhadap Keputusan Pembelian Motor Automatic (Y).Sehingga hipotesis II dapat dibuktikan kebenarannya.18.190.239.193