Date: 29-04-2025 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

ANALISIS PERILAKU KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KARTU PERDANA CDMA PRABAYAR (STUDI PADA MAHASISWA STIE MALANGKUçEçWARA ANGKATAN 2003/2004)

Thesis Detail
Author YUSEP DWI PRASETYO
Student's ID (NPK) K.2002.1.27495 (MANAJEMEN)
Subject MANAJEMEN PEMASARAN
Keyword PERILAKU KONSUMEN,KEPUTUSAN,PEMBELIAN
Page(s) 103
Submit Date 25-04-2007
Lecture(s) SIWI DYAH RATNASARI SE, MM
-
-
Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

Perkembangan teknologi dewasa ini semakin pesat begitu pula halnya dalambidang telekomunikasi. Masyarakat sangat sadar akan arti pentingnya telekomunikasi,sehingga keinginan untuk berkomunikasi dimanapun dan kapanpun sangat tinggi.Industri telekomunikasi berusaha menciptakan telepon seluler dengan berbagaibentuk fitur dan fasilitas. Produk kartu perdana CDMA merupakan salah satu produkjasa telekomunikasi penunjang dari semakin maraknya industri ponsel.Pengembangan layanan telekomunikasi berbasis CDMA (Code division MultipleAcces) adalah sekaligus untuk mengikuti perkembangan teknologi informasi yangsangat dinamis dan menjawab kebutuhan konsumen yang menuntut pelayanan yangbaik dan tarif komunikasi nirkabel yang semakin murah dengan akses jangkauanyang luasTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yangmempengaruhi perilaku konsumen yang meliputi faktor budaya, kelas sosial,kepribadian, dan faktor psikologi, terhadap keputusan pembelian kartu perdanaCDMA prabayar pada mahasiswa STIE Malangkuçeçwara Malang angkatan2003/2004 dan untuk mengetahui diantara faktor-faktor yang mempengaruhi perilakukonsumen antara lain faktor budaya, kelas sosial, kepribadian, dan faktor psikologiyang mempunyai hubungan dan pengaruh dominan terhadap keputusan pembeliankartu perdana CDMA prabayar pada mahasiswa STIE Malangkuçeçwara Malangangkatan 2003/2004.Berdasarkan hasil penelitian terhadap seluruh peubah bebas yang terdiri ataspeubah budaya (X1), kelas sosial (X2), kepribadian (X3), dan faktor psikologi (X4)secara bersama-sama mempunyai hubungan dan pengaruh yang bermakna terhadapkeputusan pembelian (Y) sebagai peubah terikat. Hal ini dapat ditunjukkan dari hasilanalisis simultan, bahwa terbukti ada pengaruh yang signifikan antara variabel bebas,yaitu variabel budaya (X1), sosial (X2), pribadi (X3),dan psikologis (X4) denganvariabel terikat, yaitu variabel keputusan mahasiswa dalam membeli produk kartuCDMA prabayar (Y), hal ini terbukti nilai F-hitung 252,981 > F-tabel 2,53 dantingkat signifikansi 0,000 yang < 0,05. Dari hasil analisis uji pengaruh parsial,terbukti bahwa ada pengaruh yang bermakna (signifikan) antara variabel bebas, yaituvariabel budaya (X1), sosial (X2), pribadi (X3) dan psikologis (X4) dengan variabelterikat, yaitu variabel keputusan mahasiswa dalam membeli produk kartu CDMAprabayar (Y). Lebih lanjut dari hasil analisis uji pengaruh parsial variabel pribadi(X3) adalah variabel yang dominan mempengaruhi variabel keputusan mahasiswadalam membeli produk kartu CDMA prabayar (Y), yaitu terbukti dari nilai koefisienparsial (r) dan koefisien beta () variabel pribadi (X3) paling besar dibandingkanvariabel bebas (X) lainnya.

 

18.222.164.159