Date: 26-07-2025 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

ANALISIS SWOT SEBAGAI ALAT PERENCANAAN STRATEGI PEMASARAN PERUSAHAAN ( STUDI KASUS PADFA UD. DUA PUTRA)

Thesis Detail
Author RINCE SISWANTO
Student's ID (NPK) K.2001.1.26088 (MANAJEMEN)
Subject MANAJEMEN KEUANGAN
Keyword ANALISIS SWOT
Page(s) 129
Submit Date 17-09-2007
Lecture(s) Ir. DWI NITA ARYANI MM


Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

(Studi Kasus pada UD. Dua Putra Malang) Abstraksi Lingkungan dunia usaha saat ini berkembang dengan sangat pesat dan dinamis dengan kondisi persaingan yang semakin ketat. Pengaruh lingkungan sangat dominan terhadap kelangsungan hidup suatu perusahaan. Oleh karena itu agar perusahaan mempunyai kemampuan untuk bersaing maka perusahaan tersebut harus mampu mengatur dan menyesuaikan diri dengan lingkungannya, sehingga dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Berdasarkan pembahasan, maka dapat diketahui bahwa permasalahan yang diketahui perusahaan adalah: “Bagaimana merumuskan strategi yang tepat dengan menggunakan analisis SWOT pada UD. Dua Putra guna memenangkan persaingan”. Tujuan dari analisis SWOT adalah untuk mencapai keselarasan antara keselarasan kekuatan dan kelemahan perusahaan dengan peluang dan ancaman yang menghambat tercapainya tujuan perusahaan. Analisis SAP adalah suatu evaluasi secara sistematis keunggulan strategi perusahaan dengan cara menentukan pertimbangan setiap faktor penting untuk perusahaan yang bersaing dalam lingkungan. Dari analisis SAP diketahui bahwa kekuatan perusahaan berada pada rasio keuangan, saluran distribusi, teknologi mesin produksi dan hubungan yang baik dengan pemasok. Analisis ETOP adalah cara yang sistematis untuk melakukan diagnosis terhadap wujud ancaman dan peluang bagi perusahaan. Dari analisis ETOP diketahui bahwa peluang bagi perusahaan adalah semakin banyaknya jumlah populasi penduduk, menurunnya tingkat inflasi, pertumbuhan ekonomi membaik dengan mencari ekspansi pasar baru, sedangkan ancamannya adalah meningkatnya tarif dasar listrik, kebijakan pemerintah tentang UMR, harga bahan baku dan tingkat persaingan yang tinggi. Analisis SWOT adalah analisis yang biasanya digunakan untuk menganalisis lingkungan usaha yang mengandung kekuatan, kelemahan, ancaman,dan peluang yang dihadapi perusahaan. Pada prakteknya salah satu penerapan analisis SWOT adalah matrik SWOT yang dapat digunakan sebagai kerangka kerja untuk menentukan posisi perusahaan. Berdasarkan analisis matrik SWOT yang dilakukan diketahui bahwa posisi perusahaan berada diquadrant III, sebagai alternative yang sesuai dengan kondisi perusahaan yang berada dalam quadrant ini terdiri dari Inovation Strategi, Product Development Strategi, Market Development Strategi, Market Penetration Strategi. bebepapa strategi tersebut harus dilakukan perusahaan secara efektif agar produk.

 

10.1.10.50