Date: 26-07-2025 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

JUDUL : ANALISIS PENGARUH PERILAKU KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN UNTUK MENABUNG PADA BANK JATIM

Thesis Detail
Author DENY SUGIARTO
Student's ID (NPK) K.2002.1.26921 (MANAJEMEN)
Subject PERILAKU KONSUMEN
Keyword ANALISIS PRILAKU KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN
Page(s) 70
Submit Date 17-09-2007
Lecture(s) Dra. TITA BOEDI ASTUTI MM


Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

ABSTRAKSIPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh peubah-peubah dalam Perilaku Konsumen, yaitu kebudayaan, sosial, pribadi dan psikologis terhadap keputusan menabung serta untuk mengetahui peubah dalam perilaku konsumen (kebudayaan, sosial, pribadi dan psikologis) yang mempunyai pengaruh dominan terhadap keputusan menabung. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah PT. Bank Jatim cabang malang, teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara Accidential Sampling dan diperoleh sampel sebanyak 50 responden. Sedangkan metode analisis yang digunakan adalah koefisien regresi berganda. Hasil penelitian pada hipotesis I, diperoleh bahwa pendugaan terhadap peubah bebas, yaitu kebudayaan (X1), sosial (X2), pribadi (X3) dan psikologis (X4) secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang bermakna terhadap keputusan menabung (Y) dapat dibuktikan kebenarannya. Melalui program SPSS, dapat diketahui bahwa dengan tingkat uji a = 0.05 (5%) terbukti. Hal ini dapat dilihat dari koefisien korelasi berganda (R) sebesar 0,717 atau 71,7 %. Dengan kata lain bahwa, terjadinya keputusan menabung dipengaruhi oleh peubah bebas yang terkait dengan kebudayaan (X1), sosial (X2), pribadi (X3) dan psikologis (X4), artinya adalah peubah bebas (X1-X4) mampunyai pengaruh dan hubungan yang signifikan terhadap peubah terikat (Y). Berdasarkan nilai R Square dapat diketahui bahwa kontribusi peubah bebas terhadap perubahan atau naik turunnya peubah terikat yaitu sebesar 0,640 (64%), sedangkan sisanya sebesar 0,360 (36%) dipengaruhi oleh peubah bebas lain di luar peubah bebas yang diteliti. Sedangkan pada hasil penelitian pada hipotesis II, diperoleh dugaan bahwa faktor kebudayaan (X1) mempunyai pengaruh yang dominan terhadap keputusan menabung (Y) dibandingkan dengan sosial (X2), pribadi (X3) dan psikologis (X4). Untuk menguji hipotesis tersebut digunakan alat analisis regresi berganda. Hal ini dapat dilihat dari besarnya nilai koefisien regresi peubah kebudayaan (X1) sebesar 0,476 yang merupakan nilai terbesar dibandingkan dengan nilai koefisien regresi dari peubah bebas yang lain. Dengan demikian, pengujian hipotesis kedua yang menyatakan bahwa peubah kebudayaan (X1) merupakan peubah yang memiliki pengaruh dominan terhadap keputusan menabung (Y) dibandingkan dengan sosial (X2), pribadi (X3) dan psikologis (X4) adalah terbukti kebenarannya.

 

10.1.10.50